fashion pria

TATA NIAGA KEDELAI SUDAH DILUAR KENDALI

Medan (Lapan Anam)

Pemerintah diminta untuk memerbaiki tataniaga kedelai di seluruh Indonesia. Sebab jika tidak dilakukan, krisis pengadaan kedelai yang saat ini sebagian besar terjadi di Pulau Jawa akan terus berkelanjutan dan merembet secara luas ke berbagai daerah di luar pulau Jawa.

Anggota Komisi B DPRD Sumut, Abdul Hakim Siagian, kepada para wartawan mengungkapkan sarannya tersebut di gedung dewan, Selasa (15/1). Selaku anggota komisi B yang membidangi masalah pertanian, Siagian menilai kondisi tataniaga kedelai Indonesia saat ini sungguh di luar kendali. Sebab apa yan terlihat justru tidak pernah menguntungkan petani yang merupakan prdusen kedelai itu sendiri. Ini baginya adalah ebuah anomali.

"Semuanya diserahkan kepada mekanisme pasar, sementara infrastruktur pasar kita sendiri belum sehat dan kuat. Tidak heran kalau kemudian banyak terjadi manipulasi dan praktek busuk lainnya, baik dalam menentukan harga berbagai produk, termasuk kedelai, maupun dalam pola distribusinya ke masyarakat," ujarnya.

Untuk itu dia meminta agar pemerintah serius membenahi tataniaga dengan aturan dan prosedur yang jelas keberpihakannya kepada petani dan masyarakat. Tetapi buru-buru Siagian menyebutkan idenya tersebut bukan bertujuan untuk memroteksi penuh pasar domestik pertanian di Indonesia.

"Bukan murni proteksi, sebab nanti timbul kesan adanya praktek monopoli. Yang penting jangan seperti Bulog, diberi kewenangan untuk mengatur distribusi dan penetapan harga beras, tapi malah kemudian malah sering terjadi tindak pidana korupsi," ujarnya. Namun Siagian pun tidak ingin tataniaga itu diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar apalagi mekanisme pasar yang belum terbentuk secara sehat dan alamiah.

Distan Sumut

Namun Siagian pun meminta pemerintah untuk menata kembali tataruang di seluruh daerah di Indonesia, di mana harus ada penciptaan tataruang bagi sektor pertanian. Politisi PAN Sumut ini menyarankan agar pemerintah menciptakan banyak sentra pertanian, termasuk sentra kedelai. Dia menyarankan pemerintah untuk belajar pada negara tetangga seperti Thailand yang jelas dalam kebijakan dan tataruang pertaniannya.

Untuk tingkat Sumut, dia meminta Dinas Pertanian segera mengambil langkah proaktif melakukan pencanangan penanaman kedelai secara massal dan berkualitas. Baginya hal itu tidak sulit untuk dilakukan, sebab banyak daerah di Sumut adalah dataran rendah.

"Dalam dunia pertanian disebutkan bahwa kedelai itu tumbuh bagus di dataran rendah. Sumut inikan banyak dataran rendahnya. kalau ditanami dengan kedelai akan bagus. Jangan hanya sawit yang ditanam," tegasnya. (ms)