fashion pria

Panwas Pilgubsu Dilantik

Medan, (Lapan Anam)

DPRDSU melantik Panitia Pengawas Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2008, digedung dewan, Selasa hari ini (15/1).

“Anggota Panwas beranggotakan lima orang itu, akan dilantik dan diambil sumpahnya pada Rapat Paripurna Khusus DPRD Sumut”, kata Ketua Ketua DPRDSU H Abdul Wahab Dalimunthe SH kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/1).

Wahab berharap para anggota Panwas yang berasal dari kalangan akademisi, tokoh masyarakat, pers, kejaksaaan dan kepolisian itu dapat menjalankan fungsi pengawasannnya dengan jujur, adil dan transparan

Sementara Ketua Pansus Pembentukan Panwas Pilgub DPRD Sumut, Amas Muda Siregar, didampingi Wakil Ketua Edison Sianturi, mengatakan, pelantikan anggota panwas juga bersamaan dengan penetapan dua orang calon tim seleksi anggota KPU Sumut yang akan diajukan ke tim seleksi KPU Pusat.

Kelima nama anggota Panwas Pilgubsu yang akan dilantik yakni, dua dari unsur kejaksaan dan kepolisian. Sedangkan tiga lainnya yakni David Susanto, SE (mewakili unsur pers), Drs. Pangihutan Nasution, SH (unsur tokoh masyarakat/advokat) dan Drs. Zakaria, MSP (unsur perguruan tinggi).

Edison menekankan, usai dilantik Panwas Pilgub Sumut harus segera mengagendakan pembentukan Panwas Pilgub di tingkat kabupaten/kota sampai ke tingkat kecamatan.

"Sebab tahapan-tahapan Pilgub Sumut periode 2008-2013 yang disusun KPU tinggal 94 hari lagi. Jadi secepatnya panwas di kabupaten/kota harus terbentuk," katanya.

Dia juga mengimbau anggota panwas terpilih agar mengedepankan kerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi, sehingga diharapkan akan menambah kredibilitas panwas sebagai bagian ujung tombak sukses Pilgub Sumut yang akan dilangsungkan 16 April 2008.

"Anggota panwas terpilih juga harus total menjalankan tugas-tugasnya dan jangan menomorduakannya setelah profesi semula. Sebab mereka ini sudah mendapat rekomendasi dari pimpinan di tempat masing-masing mereka bekerja," tambah Edison. (ms)