fashion pria
Ormas Islam Dukung Sikap PPP Sumut Soal Cagubsu

Medan (Lapan Anam)

Ormas Islam di Sumut mendukung sikap legowo Partai Persatuan Pembangunan (PPP), tidak memaksakan kehendak dalam penentuan pasangan Cagubsu.

“Kita bangga sikap PPP yang mendengarkan nasehat dari tokoh-tokoh agama dan ormas-ormas Islam untuk tidak memaksakan kehendaknya pada Pilgubsu ini,” kata Ketua PW Muhammadiyah Sumut Dalail Ahmad menjawab wartawan via selulernya, Rabu (30/1).


Dalail menilai, menghadapi Pilgubsu 2008 nanti, seperti hanya PPP Sumut yang tidak memaksakan kehendak dalam mencalonkan pasangan untuk Cagubsu (Cawagubsu-red) yang mereka usung.

“PPP tidak memaksakan kehendaknya, karena PPP tetap komitmen menjaga keutuhan maupun kebersamaan yang mereka bangun bersama partai politik Islam lainnya,” kata Dalail.

Oleh karena itu, ungkap Dalail, pihaknya salut dengan sikap PPP Sumut yang tetap konsisten itu, walaupun sebenarnya mereka telah siap untuk mencalonkan diri sebagai pasangan Cagubsu yang mereka usung.

“Tapi ini tidak mereka lakukan, karena PPP masih mau mendengarkan nasehat dari tokoh-tokoh agama dan ormas Islam dalam menghadapi Pilgubsu April 2008 nanti” kata Dalail.

Lakukan Pooling

Sementara itu, Ketua PW Alwashliyah Sumut H Nizar Syarif mengatakan, pihaknya bersama ormas Islam lainnya akan berupaya bagaimana agar umat Islam tidak terpecah pada Pilgubsu nanti.

“Jika nantinya ada kesepakatan yang dibangun bersama ormas-ormas Islam lainnya, maka kita akan membuat pooling secara independen terhadap pasangan Cagubsu/Cawagubsu Islam-islam,” ujar Nizar Syarif.

Artinya, sebut Nizar, pihaknya bersama ormas Islam lainnya akan melakukan pooling kepada pasangan Cagubsu/Cawagubsu Islam-islam untuk mengetahui pasangan mana yang menonjol di tengah-tengah ummat.

Bila pasangan Islam-islam yang menonjol di tengah-tengah masyarakat ini sudah diketahui, papar Nizar, maka kita mengharapkan ummat dapat menyalurkan aspirasinya kepada pasangan Islam-islam yang mereka sukai.

“Hal ini dilakukan agar suara ummat Islam tidak terpecah-pecah pada Pilgubsu nanti,” kata Nizar Syarif.

Ditempat terpisah, Ketua DPW PPP Sumut H Fadly Nurzal menyampaikan, bagi PPP Sumut, kepentingan ummat lebih diutamakan, karena itu adalah komitmen dan doktrin perjuangan PPP.

Karena itulah, papar Fadly, sejak awal PPP Sumut selalu mendorong lahirnya kebersamaan dan sikap politik yang berimbang antar berbagai kekuatan partai politik dalam melihat Pilgubsu ini.

Kebersamaan yang dilakukan, sebut Fadly, dengan menggelar berbagai pertemuan secara marathon, sehingga dengan dilakukannya pertemuan-pertemuan tersebut akan mencairkan kebekuan dan ego sektoral di masing-masing pihak. (ms)