fashion pria
Ratusan Guru Demo di DPRDSU

Medan, (Lapan Anam)

Ratusan guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumatera Utara, unjuk rasa di halaman gedung DPRDSU, Senin (28/1).

Mereka menuntut alokasi anggaran pendidikan sebesar 20% dalam APBN dan APBD. Hal ini sesuai amanat UUD 45 serta UU no. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas.


Dalam statemen yang ditandatangani Wakil Ketua PGRI Sumut DRs. F.J. Pinem dan Sekum Abd. Latif Ibrahim S. Pd, dinyatakan amanat konstitusi ini harus dilaksanakan pemeirntah pusat maupun daerah, jika tidak ingin dikatakan melanggar konsttusi.

Disebutkan, UU No. 20 tahun 2003 tanggal 8 Juli 2003, tentang Sisdiknas memerintahkan dikeluarkannya 35 PP sebagai turunannya, namun sampai saat ini baru satu PP yakni no. 19 tahun 2005 tentnag standart Nasional Penddikan. Untuk itu pemeirntah hasrus segera mengeluarkan PP lainnya.

Diminta juga agar pemerntah memenuhi kekurangan jumlah guru di sekolah negeri maupun swasta sesuai dengan standart pelayanan minimal sebagai bentuk konkrit tidak terjadnya diskriminasi bagi sekolah negeri dan swasta.

Dalam orasi, mereka juga mengupas UU no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Yang sampai saat ini belum diimplementasikan. Untuk itu mereka menuntut agar UU itu dbuat untuk mensejahterakan guru, bukan untuk menyusahkan guru.(ms)