fashion pria

PBR SUMUT SIAP TAK USUNG CALON PADA PILGUB

Medan, (Lapan Anam)

Partai Bintang Reformasi (PBR) Sumatera Utara menyatakan kesiapannya jika pada akhirnya tidak mengusung calon pada pemilihan gubernur (pilgub) Sumut periode 2008-2013.

"Kami siap jika tidak mengusung calon karena kami memang tidak bisa mengusung sendiri (harus berkoalisi, red)," ujar Sekretaris Panitia Khusus Penjaringan Bakal Calon Gubernur/Bakal Calon Wakil Gubernur DPW PBR Sumut, Tosim Gurning, di Medan, Kamis.

PBR hanya memiliki lima kursi di DPRD Sumut periode 2004-2009, atau hanya memiliki sekitar 5,9 persen dari persyaratan untuk dapat mencalonkan pasangan cagub/cawagub sebesar 15 persen suara pemilu.

Untuk bisa mengusung paket pasangan cagub/cawagub, PBR harus berkoalisi dengan parpol lain yang jumlah raihan suara pemilu-nya justru lebih besar dari PBR sendiri.

"Jadi kira realisitis saja, karena kita memang tidak bisa mengusung sendiri paket pasangan cagub/cawagub pada pilgub yang akan berlangsung 16 April nanti," katanya.

Pansus DPW PBR Sumut sendiri telah menetapkan dua pasangan balongub/balonwagub yang akan diusung, masing-masing H. Abdul Wahab Dalimunthe/H. Raden Muhammad Syafi'i dan H. Raden Muhammad Syafi'i/H. Muhyan Tambuse.

DPW PBR Sumut, menurut Tosim Gurning, tetap konsisten dengan penetapan kedua pasangan tersebut. "Nama kedua pasangan itu sudah di tangan DPP untuk dipilih dan ditetapkan satu pasangan cagub/cawagub dari PBR," katanya.

Saat ini, katanya, Pansus Penjaringan Balongub/Balonwagub DPW PBR Sumut terus menjalin komunikasi intensif dengan sejumlah parpol yang berpeluang untuk diajak berkoalisi.

Ia juga mengatakan bahwa balongub yang ditetapkan DPW PBR Sumut juga bertanggungjawab mencari parpol yang bakal diajak berkoalisi.

Ketika ditanya kriteria PBR dalam menetapkan cagub/cawagub, Tosim menekankan bahwa partainya tetap berkomitmen mengusung figur yang bersih dengan "track record" yang tidak tercela.

"Nama-nama yang kita usung itu relatif bersih dan jauh dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme, red). Namun demikian kita siap untuk tidak mengusung calon jika memang tidak ada parpol yang bisa diajak berkoalisi," katanya.(ms)