fashion pria

Calon Gubsu Hanya Lima, Lainnya Tiarap


Medan (Lapan Anam)

Seperti diduga sebelumya, proses pencalonan Gubsu 2008-2013 penuh intrik dan sikut-menyikut. Dari banyak nama yang memasang spanduk dan baleho ukuran besar selama bertahun-tahun, ternyata sampai pendapatan Cagubsu di tutup KPU Sumut, Kamis (24/10 pukul 00.00 WIB, hanya lima pasang Calon Gubsu/Wagubsu yang mendaftar.Lainnya, terbukti hanya anggar jago berkoak-koak dan terpaksa tiarap.


Diluar perkiraan semula, pasangan cagubsu itu pun sudah centang perenang, bukan seperti pacar yang lama bertunangan. Pasangan Cagubsu yang didaftarkan, mirip kawin paksa. Dipasangkan menjelang pernikahan.

Lima pasangan Cagubsu/Cawagubsu yakni HM Ali Umri-Dr Maratua Simanjuntak yang didukung Partai Golkar. Kemudian pasangan RE Siahaan-H Suherdi didukung Partai Damai Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Perhimpunan Indonesia Baru, Partai Persatuan Daerah, Partai Pelopor, Partai Buruh Sosial Demokrat, PNI Marhaenis dan PNBK.

Pasangan H Syamsul Arifin-Ir Gatot Pudjo Nugroho didukung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Bulan Bintang, Partai Patriot, PKPI, PDK, PNI Marhaenisme, Partai Merdeka, PPNUI, PSI, PPDI dan PKPB.

Sementara pasangan H Abdul Wahab Dalimunthe SH - H Raden Syafii SH,MHum didukung Partai Demokrat yang berkoalisi dengan Partai Bintang Reformasi dan Partai Amanat Nasional. Terakhir pasangan Tritamtomo-Beny Pasaribu didukung PDI-P.

Pencalonan gubernur dan wakil gubernur ini semuanya di luar prediksi politik. Misalnya pencalonan Ketua DPD Partai Golkar HM Ali Umri berpasangan dengan H Maratua Simanjuntak di luar prakiraan, karena isu yang berkembang Ali Umri akan berpasangan dengan petinggi PAN Kamaluddin Harahap.
Begitu juga Syamsul Arifin isu awal akan berpasangan dengan Wahab, tapi akhirnya dengan Ketua DPW PKS Gatot Pudjo Nugroho. Sedang Wahab berpasangan dengan Ketua DPP Partai Bintang Reformasi H Raden Syafii.

Hal lain yang menarik, nama Chairuman Harahap, Rudolf Pardede dan Hery W Marzuki tidak mendapat dukungan dari partai politik. Mereha harus tiarap.(ms)