fashion pria


Perkemahan Santri Upaya Lahirkan
Kader Bangsa Berakhlakul Karimah

Medan, (Lapan Anam)

Perkemahan Pramuka Santri Penggalang dan Penegak merupakan salah satu upaya melahirkan kader bangsa berakhlakul karimah serta menguasai ilmu dan teknologi, sejalan dengan semangat Revitalisasi Gerakan Pramuka.

Hal tersebut disampaikan , Ketua Panitia Pelaksana Perkemahan Pramuka Santri Penggalang dan Penegak Sumatera Utara, Dra Hj Risnawaty Dartatik Damanik, APTH, MM didampingi Wakil Ketua, Drs Sidhi Muchlis, Sekretaris Muchlis Muchtar dan Humas Panitia, Abdul Khair Lubis SH, Rabu (16/1) dalam keterangan persnya kepada wartawan di Kantor Kwarda Pramuka Sumut di Medan.

Ditambahkan, kegiatan yang diselengarakan Kwartir Daerah Sumatera Utara dan Depag Sumut berlangsung 23-27 Januari 2008 di Bumi Perkemahan Sibolangit Deliserdang ini, melibatkan sebanyak 2000 santri Pramuka Penggalang dan Penegak dari sejumlah pondok pesantren di Sumut, sedangkan pembiayaannya bersumber dari APBD Sumut.

Adapun tujuan penyelenggaraannya diharapkan dapat meningkatkan rasa pengabdian, kepedulian anggota Pramuka terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Selain itu menumbuhkan semangat nasionalisme, mempererat jiwa persahabatan dan persaudaraan dalam kemajemukan.

Berbagai kegiatan menjadi materi penting dalam perkemahan ini diantaranya Mental Spritual dan Silaturahmi meliputi shalat lima waktu, sahalat malam, kuliah tujuh enit dan muhasabah.

Selain itu keterampilan kesakaan, penjelajahan serta SAR, peserta juga dibekali kegiatan Iptek seperti orientasi pola hidup bersih, bahaya narkoba, HIV dan AIDS, pengenalan internet, wirausaha budidaya lebah, bahaya DBD, budidaya Kelinci, daur ulang sampah.

Materi lain yang diberikan lanjut Dartatik, terkait dengan kegiatan seni budaya seperti karnaval , malam pentas seni bernafaskan Islam, stand pameran, kaligrafi. Sementara kegiatan lain yang sama pentingnya yakni bakti sosial dalam hal ini santri diharapkan peduli lingkungan hidup, peduli sesama, sedangkan untuk kebugaran para santri penggalang dan penegak diadakan senam Pramuka dan senam santri termasuk permainan bola keranjang.

Raimuna di Sergai

Sementara itu Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut juga menyelenggarakan kegiatan kepramukan berupa Raimuna Daerah VI Sumut. Kegiatan lima tahunan ini melibatkan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega , dijadwalkan tanggal 3-9 Pebruari di Perkebunan PTPN III Gunung Pamela Kabupaten Serdang Bedagai.(ms)