fashion pria

Cagubsu dari PKS Masih Rahasia

Medan, (Lapan Anam)

Entah punya calon atau tidak, PKS masih belum membuka diri. PKS masih merahasiakan nama siapa tokoh yang akan diusung pada Pilgubsu 2008.

" Siapa tokoh yang akan kita calonkan di Pilgubsu masih rahasia," kata Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Sumut Sigit Pramono Asri kepada wartawan di ruang Fraksi PKS DPRD Sumut, Senin (21/1).
Menurut Sigit, PKS Sumut akan mengumumkan balon gubsu yang mereka usung sebelum habis masa pendaftaran calon gubsu yang dibuka KPU Sumut.

"Sebelum masa pendaftaran berakhir, balon gubsu yang kita usung akan kita umumkan. Kita tunggu saja hasil penggodokan balon gubsu dari DPP," ujar dia.

PKS Sumut berdasarkan jumlah perolehan suara hasil pemilu legislatif pada 2004 lalu hanya mendapatkan sekitar 10 persen suara (8 kursi di DPRD Sumut) dari jumlah minimal 15 persen suara (13 kursi di DPRD Sumut), sehingga tidak memungkinkan untuk mengusung balon Gubsu. Artinya, agar bisa mengusung balon Gubsu, PKS harus melakukan koalisi dengan partai lain untuk memperoleh 15 persen suara.

Dengan demikian, apakah PKS Sumut akan berkoalisi dengan PBR Sumut dalam menetapkan balon Gubsu? Ditanya begitu Sigit mengatakan PKS Sumut terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain sepanjang memiliki komitmen yang sama.

"Kalau berkoalisi dengan PBR Sumut, memang besar kemungkinan," ungkapnya.

Justru PKS Sumut malah berbelok arah soal kemungkinan koalisi dengan PKS Sumut. Menurut Ketua Fraksi PBR Sumut Raden Muhammad Syafii PBR Sumut saat ini tengah menjajaki koalisi dengan Partai Demokrat Sumut untuk mengusung balon gubsu 2008.

"Usulan PBR Sumut, nama Wahab dan Raden Muhammad Syafii akan diusung dalam koalisi ini sebagai cagubsu dan cawagubsu," katanya. (ms)