Kepedulian Memasyarakatkan Kompos


Medan, (Lapan Anam)
Anggota DPD-RI H Yopie S Batubara mengatakan, program pemasyarakatan kompos merupakan wujud kepedulian menciptakan kemandirian petani terhadap kemampuan memproduksi sendiri pupuk, guna memenuhi kebutuhan tanpa tergantung kepada pupuk kimia.
Pernyataan tersebut disampaikan H Yopie S Batubara dalam siaran persnya, Minggu (8/2) terkait pemaparan beliau tentang program sosialisasi pupuk kompos di hadapan Ketua HKTI Pusat , Letjen (purn) H Prabowo Subianto serta ribuan massa Partai Gerindra Langkat, Minggu ( 8/2) di Gedung Olahraga Stabat.

Dalam kesempatan tersebut, H Yopie Batubara mengatakan, bahwa dari apa yang disaksikannya di televisi serta diskusi dengan rekan-rekan Gerindra, bahwa salah satu tujuan utama partai berlambang burung Garuda tersebut mensejahterakan petani Indonesia, tentunya program tersebut sesuai dengan program utama dirinya sebagai anggota DPD-RI.

Bahkan kata Yopie S Batubara, menghadapi pencalonannya sebagai anggota DPD-RI 2009-2014, program mensejahterakan petani menjadi skala prioritas selain program budidaya rumput laut, pendidikan, perumahan, infrastruktur dan berbagai program lainnya.

“Saya melihat apa yang diprogramkan Gerindra mensejahterakan petani Indonesia sesuai dengan program utama saya”, ujar Yopie S Batubara.

Terhadap program kompos ini lanjutnya, pihaknya selain mensosialisasikan penggunaan kompos dalam setiap kali pertemuan dengan masyarakat petani termasuk dengan kepala daerah, Yopie S Batubara yang mulai dikenal sebagai ”Bapak Kompos” Sumatera Utara ini melakukan upaya nyata dalam bentuk memberikan kesempatan kepada masyarakat petani termasuk kepala desa dan pangulu mengikuti pelatihan tentang tata cara pembuatan kompos.

“Kami sudah melatih sedikitnya 250 petani termasuk kepala desa dan pangulu mengikuti pelatihan pembuatan pupuk kompos baik di Bogor Jawa Barat termasuk di Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara”, kata Yopie S Batubara.

Pemaparan Yopie S Batubara serta bukti kliping pemberitaan surat kabar tentang pemasyarakatan kompos yang sempat diperlihatkan beliau kepada Ketua HKTI Pusat, Letjen (Purn) Prabowo Subianto tersebut, membuat Capres dari Partai Gerindra itu kagum terhadap upaya calon anggota DPD-RI 2009-2014 ini, karena Yopie dinilai konsisten terhadap program peningkatan kesejahteraan petani.

Meski pemaparannya dalam waktu relatif singkat, Yopie S Batubara juga berkesempatan menyampaikan tentang program budidaya rumput laut. Terhadap program yang melibatkan nelayan ini, Yopie pun telah mendidik sejumlah nelayan belajar budidaya rumput laut.

“Selama ini nelayan hanya bergantung pada pencarian ikan saja dan untuk meningkatkan penghasilan nelayan maka program budidaya rumput laut merupakan solusi bagi nelayan”, harap Yopie S Batubara.

Dalam gambar, anggota DPD-RI H Yopie S Batubara (kanan) ketika berdialog dengan Ketua HKTI Pusat, Letjen (Purn) Prabowo Subianto dalam acara Pelantikan Pengurus Ranting Partai Gerindra se-Kabupaten Langkat di Stabat, Minggu 8 Pebruari 2009. (Rel)