fashion pria

Jimly Tak Berminat Jadi Capres


Medan, (Lapan Anam)

MANTAN Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga pakar hukum tata negara, Jimly Asshiddiqie mengatakan secara pribadi ia tidak berminat mencalonkan diri menjadi Capres pada Pilpres mendatang. Dia merasa pengabdian terhadap bangsa tidak harus ikut menjadi Capres, tapi bagaimana melaksanakan amanah yang diberikan negara kepadanya.



“Secara pribadi saya tidak berniat menjadi Capres”, katanya dalam diskusi yang digelar Majelis Sinerji Kalam Ikatan Cendikawan Muslim Indonesia (Masika ICMI) Sumut dengan tema “Peluang Calon Independen dalam Pemilu 2009″ di Kantor Pimpinan Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Medan, Sabtu (1/11).

Berbicara dalam diskusi tersebut, dia berpendapat RUU Pemilihan Presiden (Pilpres) yang segera akan diundangkan DPR rentan terhadap konflik. Karena dengan itu, akan banyak tokoh yang merasa haknya dibatasi menjadi Capres.

“Jika UU Pilpres itu berlaku, konsekwensinya akan banyak orang yang merasa dibatasi haknya sebagai Capres. Tentu ini rawan konplik,” kata Jimly Asshiddiqie.

Sedangkan soal banyaknya parpol yang menjadi peserta Pemilu 2009, dia berpendapat sah saja terjadi karena merupakan perwujudan demokrasi. Tetapi ia memprediksikan lamban laun jumlah Parpol di tanah air akan makin mengecil, terkait dengan pemberlakuan sistem electoral treshold dan parlementary treshold dalam pemilu. (ms)