fashion pria

Tata Ulang Drainase di Sumut


Medan, (Lapan Anam)
Anggota Komisi A DPRDSU dari Fraksi PAN, Ir H Kamaluddin Harahap MSi meminta Pemprovsu agar menata ulang sistem drainase, guna mengatasi banjir yang melanda sejumlah daerah di Sumut.
“Penataan drainase di Sumut, khususnya di kawasan perkotaan tidak baik. Malah drainase yang sudah ada, terbukti tidak berfungsi maksimal sehingga menyebabkan kawasan rawan banjir”, kata Kamaluddin kepada wartawan di gedung dewan, Senin (3/11).

Kamaluddin memberi contoh buruknya penanganan drainase di kota Medan, walau sudah ditangani lewat proyek menggunakan pinjaman luar negeri. Proyek yang dikenal dengan Medan Metropolitan Urban Development Proyek (MMUDP) yang dimulai sekira tahun 1987 itu, tidak berfungsi maksimal karena tidak dilanjutkan dengan pemeliharaan yang baik.

“Pemprovsu harus memikirkan cara mengatasi drainase, berkordinasi dengan kabupaten/kota.Para anggota dewan yang akan kunjungan kerja (kunker) di daerah kabupaten/kota juga perlu memantau sistem atau kondisi drainase yang ada agar menjadi bahan perbaikan kedepan”, katanya.

Kata dia, masalah drainase di Sumut khususnya kabupaten/kota sudah harus menjadi prioritas. Terlebih untuk Kota Medan yang merupakan ibukota provinsi sumatera utara. (ms