fashion pria

Anggaran Pendidikan Sumut Rp 700 M

Medan, (Lapan Anam)
DPRD Sumut akan memperjuangkan anggaran pendidikan tahun 2009 harus terealisasi 20 persen dari APBD Propsu sesuai amanat UU yang diperkirakan sekira Rp700 milyar yang penggunaannya tidak lagi berorientasi memperbanyak proyek, tapi meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat Sumatera Utara guna tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Demikian diungkapkan Pl.Ketua DPRD Sumut Drs H Hasbullah Hadi SH MKn kepada wartawan, Rabu (19/11) di ruang kerjanya gedung dewan, terkait dengan rencana anggaran pendidikan untuk tahun 2009 yang akan dibahas dalam RAPBD Propsu TA 2009 dalam waktu dekat.
Hasbullah Hadi menyebutkan, memperjuangkan anggaran pendidikan 20 persen itu akan dilakukan melalui Panggar (Panitia anggaran) DPRD Sumut dalam pembahasan RAPBD TA 2009 yang akan disampaikan Pempropsu kepada DPRD Sumut.
“Jika RAPBD Propsu TA 2009 mencapai Rp3,3 triliun, maka anggaran pendidikan Propsu diperkirakan sekira Rp700 milyar. Panggar akan berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat Sumut dengan cara menuntaskan pendidikan guru-guru di Sumut memiliki kualifikasi strata 1 (S1),” ujarnya.
Karena, lanjut Hasbullah dari Partai Demokrat itu, dari 176.589 guru yang ada di Sumut mulai dari tingkat TK hingga SLTA, hanya 73.626 guru yang telah berpendidikan kualifikasi S1, selisihnya sebanyak 102.963 guru belum memiliki kualifikasi S1. Padahal menurut ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai UU Sisdiknas, pendidik atau tenaga pendidikan di Indonesia minimal berpendidikan S1. (ms)