fashion pria



Tri Tamtomo Sowan ke MUI Sumut
MUI Sumut Harapkan
Gubsu Mendatang Figur Amanah

Medan (Lapan Anam)

Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Prof DR H Abdullah Syah MA mengharapkan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) mendatang merupakan figur yang amanah dan bermoral.

“Figur Gubsu yang amanah dan bermoral akan mampu menggali potensi kekayaaan daerah dan mengelolanya demi kemakmuran rakyat”, katanya saat menerima kunjungan silaturahmi Ketua Baitul Muslimin Indonesia Sumatera Utara H Anwar Nur, fungsionaris DPD PDI-P Sumut Alamsyah Hamdani dan Cagubsu dari PDI-P Sumut Mayjen (Purn) Tritamtomo di Kantor MUI Sumut, Jalan Sutomo Medan, Kamis (21/2).

MUI kata dia, tidak dalam kapasitas dukung mendukung dalam Pilgubsu 2008, karena MUI independent. Namun MUI mengajak ummat islam agar memilih ummat yang terbaik, dengan kriteria sosok yang amanah dan bermoral.

“MUI hanya bisa menghimbau agar memilih Cagubsu yang terbaik dan tidak mungkin menfatwakan seseorang. MUI itu independent”, tegasnya.

Abdullahsyah menjelaskan, dalam mencari figur pemimpin Sumut mendatang, cari atau pilihlah yang terbaik dari terbaik pemimpin Sumut yang ada saat ini, baik itu dari sisi ilmunya, akhlak dan kemampuan memimpin.

“Soal menang atau kalah, itu semuanya ada di tangan Tuhan. Kalau Tuhan mengkehendaki, maka pasangan itu bisa menang, demikian juga sebaliknya,” ujar Abdullahsyah.


Sementara itu, Cagubsu Mayjen (Purn) Tritamtomo yang diusung DPD PDI-P Sumut berpasangan dengan Benny Pasaribu mengungkapkan, kedatangan dirinya ke MUI Sumut sebagai bentuk menghormati orang tua serta menjalin silaturahmi yang selama ini terputus.

“Kedatangan kita kemari hanya sowan dan ingin mengunjungi orang tua yang telah sekian lama saya tinggalkan. Sebab, sejak saya tidak bertugas lagi di Sumatera Utara ini, saya jarang mengunjungi orang tua saya (MUI-red),” ujar Tritamtomo.

Dijelaskan Tritamtomo, sejak dirinya bertugas di Sumatera Utara lebih kurang 3 tahun sebagai Pangdan I/BB, tentunya ada ikatan emosional antaranya dirinya dengan MUI Sumut selaku orang tua.

Tentunya, ungkap Tritamtomo, sejak saya tidak bertugas lagi di Sumatera Utara, hubungan silaturahmi ini terputus. Karena itu, kata Tritamtomo, melalui silaturahmi ini, hubungan tersebut akan dijalin kembali antara anak dan orang tuanya yang telah lama berpisah.

Dalam kunjungan itu, Tritamtomo memohon agar MUI berkenan menerima 100 sak semen yang akan disumbangkannya untuk rehab gedung MUI yang sedang berlangsung. “Mohon saya ingin ikut membantu 100 sak semen, ini sudah niat saya”, katanya.

Dalam kunjungan yang akrab itu, Tri Tamtomo juga menepis isu soal dirinya beragama Kristen Katolik, seperti yang diisukan dan mulai berkembang saat ini.

"Tritamto Katolik? Ah, isu itu sama sekali tidak benar. Malah saya sudah bolak-balik ketanah suci untuk naik haji," kata mantan Pangdam I/BB itu.(ms)