M. Khoirun Siregar Ingin Mengabdi di Pakpak Bharat

LATARBELAKANG hidupnya dari aktivis kampus, namun akhirnya mencoba ikut dalam politik praktis. Dia adalah M Khoirun Siregar, Caleg PKB untuk DPRD Pakpak Bharat nomor urut 2 dari Dapil 1.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) lulusan Fakultas Tarbiyah IAIN Medan tahun 2000 ini, dalam tahun-tahun terakhir hijrah ke Kabupaten Pakpak Bharat. Dia ingin mengabdikan diri bagi masyarakat di daerah yang baru memekarkan diri itu.

“Saya ingin berbuat apa yang dapat saya perbuat di Pakpak Bharat. Saya ingin mengabdikan segenap kemampuan yang ada guna mensejahterakan masyarakat”, katanya saat dihubungi kemarin.

Ayah 1 orang anak bernama Rifki Siregar (5) dan suami dari Elvina Sari Harahap AMk ini, sejak mahasiswa memang sangat menyukai tantangan. Pengalamannya memimpin organisasi dan sikapnya yang terbuka, membuat putra Tapsel ini mudah berbaur dengan masyarakat.

Bagi Khoirun Siregar, hidup harus punya makna. Maka sekecil apapun pengabdian, harus dilaksanakan dengan penuh ikhlas. Tidak perlu menunggu harus mapan, baru berfikir untuk mengabdi. Kata dia, pengabdian adalah satu keharusan bagi orang yang beriman.

Ketika ditanya mengapa bersedia berkifrah di Pakpak Bharat, pria humoris ini lebih banyak tersenyum. Kata dia, Pakpak Bharat adalah daerah yang memiliki prosfek kehidupan yang cerah.

Masyarakatnya yang beradat,religius dan terbuka untuk menerima kemajuan, merupakan potensi bagi daerah itu untuk menggapai kemakmuran. Apalagi areal pertanian disana sangat subur didukung potensi kekayaan alam yang terkandung didalamnya.

Selama beberapa tahun tinggal di Pakpak Bharat, pria kelahiran Tapsel 7 Mei 1973 ini mengaku bagai tinggal dirumah sendiri. Masyarakat Pakpak Bharat sangat familiar dan terbuka serta menghargai adat juga berjiwa religius.

Maka kendati dari segi pembangunan masih tertinggal dibanding daerah lain yang sudah maju, Khoirun Siregar optimis suatu saat Pakpak Bharat akan berjaya. Dibawah kepemimpinan bupati saat ini yang bervisi kerakyatan serta dukungan segenap komponen masyarakat, dia yakin daerah itu dapat menggapai kemajuan dalam waktu relatif singkat.

Karenanya, keikutsertaan Khoirun Siregar sebagai Caleg PKB nomor urut 2 dari Dapil 1, juga didasari keinginan untuk ikut membangun Pakpak Bharat. “Saya ingin berjuang lewat jalur politik”, katanya.

Jika kelak dia dipercaya menjadi anggota DPRD Pakpak Bharat, dia yakin akan banyak yang dapat dia perbuat. Antara lain, memperjuangkan aspirasi rakyat untuk kemajuan dan kejayaan daerah.

Maka untuk itu, dia mohon doa restu dan dukungan masyarakat Pakpak Bharat, agar pada Pemilu 9 April 2009 menggunakan hak pilih secara benar dan berkualitas. (Mayjen Simanungkalit)