4 JURUS SUKSES BERBISNIS DI INTERNET


SEORANG member www.pinturejeki.com di Papua mengirim email meminta resep sukses bisnis di internet. Masalahnya, member yang sudah menjalankan bisnis di internet dalam enam bulan terakhir, mengeluh atas melorotnya grafik penjualan produk.


Jika semula rekan kita berhasil meraup uang lewat penjualan produk antara kisaran Rp 3 juta s/d Rp 5 juta setiap bulan, kini malah makin melorot. Celakanya, rekan kita tersebut menuding munculnya pebisnis-pebisnis baru di internet sebagai kambing hitam.

"Pintu rejeki yang sudah terbuka lebar, kok kini seperti mulai tertutup", begitu ditulisnya dalam email yang saya terima.

Rekan member PINTU REJEKI dimana pun anda berada, kasus yang dialami rekan kita di Papua hal yang wajar terjadi. Malah diantara anda juga mungkin pernah mengalami hal serupa, disamping tentu ada yang terlanjur kolaps tanpa sempat diselamatkan.

Seperti sudah pernah kita bahas dalam postingan sebelumnya, selain mempromosikan produk secara gencar, bisnis di internet memerlukan jurus lain agar tetap eksis.

Jika di inventarisir secara acak, maka diperlukan jurus-jurus andalan untuk dapat mempertahankan bisnis dari serangan pihak luar. Mirip dengan bela diri, dalam kondisi apapun pebisnis di internet harus memiliki jurus-jurus pamungkas.

Jurus Pertama:
Cintailah bisnis anda

Segala sesuatu, akan sangat baik jika di dasari rasa cinta.Maka cintailah bisnis anda seutuhnya.Perlakukan dia dengan sepenuh hati,jangan lakukan sambil lalu.

Sebagai ujud kecintaan terhadap bisnis ini maka tentu saja, apa yang diperlukan agar bisnis ini tetap eksis akan kita penuhi. Dirawat secara maksimal,sehingga menjadi sumber penghidupan yang dapat diandalkan.

Jurus Kedua:
Cintai member anda

Member adalah kunci keberhasilan bisnis di internet.Maka cintailah member,agar anda dapat memperlakukannya dengan baik.

Seperti halnya manusia, perlakukan dia dengan sangat istimewa. Lakukan tegur sapa,tanyakan apa masalah mereka dan tawarkan solusi yang anda anggap mampu mengatasi masalah mereka hadapi.

Jalin hubungan emosional dengan member,sehingga mereka merasa diperhatikan. Anda menjadi tempat curhat dan jadi konsultan pribadi yang dapat mereka andalkan.

Jadikan member anda sebagai sumber inspirasi dan penuhilah sehala keinginannya. Jangan pelit untuk berbagi informasi, apalagi yang berhubungan dengan bisnis yang anda tekuni.

Apa yang diinginkan mereka bergabung dengan bisnis anda ? Tentu agar mereka dapat uang.Maka berilah mereka tuntunan yang jelas dan mudah mereka pahami.

Misalnya jika anda menjual produk kepada mereka,siapkanlah produk yang dapat mereka manfaatkan.Jagalah kualitas produk agar member anda tidak kecewa. Jangan biarkan mereka dalam kebingungan setelah membeli produk anda.

Jurus Ketiga :
Kuasai Keunggulan Bisnis anda

Kuasai kelebihan dan kelemahan bisnis yang anda kelola..Jelaskan kepada pelanggan anda,bahwa produk yang anda jual memang bermanfafat bagi mereka.

Beri mereka pemahaman tentang manfaat menggunakan produk anda.Sebaliknya jelaskan kepada mereka tentang kelemahan produk anda, dan sedapat mungkin beri penjelasan untuk menyiasati kelemahan produk itu.

Dengan cara ini kredibilitas anda sebagai pebisnis di internet akan terjaga.Anda memiliki citra positif dimata pelanggan, karena anda jujur dan selalu transparan soal keunggulan dan kelebihan produk bisnis anda.

Dalam dunia bisnis di Internet, menjaga kepercayaan pelanggan sangat penting.Sekali saja pelanggan dikecewakan, maka akan berpengaruh terhadap perjalanan nasib bisnis anda.

Apalagi di dunia internet,informasi sangat cepat menyebar dan sulit untuk diklarifikasi. Maka jangan pernah kecewakan pelanggan.

Jurus Keempat:
Selalulah berinovasi

Inovasi tiada henti, sangat penting dilakukan untuk menjamin kelangsungan bisnis di internet. Pesatnya kemajuan dibidang teknologi komunikasi informasi, memaksa anda harus senantiasa menga-update produk anda.

Lakukan inovasi agar produk anda tidak tertingal,sehingga tetap dapat bersaing. Perbaiki segala kelemahan yang ada dan lengkapi segala kekurangannya.

Dengan inovasi tiada henti, akan menjadikan produk anda sebagi produk unggulan yang dicari-cari pelanggan. Anda akan mampu memberi jaminan kepuasan dengan layanan purna jual yang elegan.

Anda harus menyadari, bahwa tiap detik akan muncul pebisnis-pebisnis baru di internet. Sebagian besar diantara mereka adalah pebisnis yang bervisi masa depan dan sarat inovasi.

Jika anda mampu meningkatkan kualitas produk dengan sejumlah inovasi, bisnis anda tidak akan goncang.Bahkan boleh jadi makin berkibar, tengah hiruk-pikuk bisnis di Internet.

Maka lakukanlah inovasi tiada henti. Jangan sungkan mencoba hal-hal baru, walau tanpa harus meninggalkan kekhasan yang dimiliki produk anda. Inilah jurus pamungkas yang dapat digunakan, terutama untuk menghadapi serangan dari kopetitor baru bisnis di internet.

Semoga bermanfaat.Sampai jumpa di puncak Sukses.


MAYJEN SIMANUNGKALIT
www.pinturejeki.com