Angkasapura Ajak PNPM dan FORMAS Sejahterakan Rakyat

Medan (Lapan Anam)
Kepala Cabang (Kacab) PT Angkasapura II (Persero) Bandara Polonia Medan, siap bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Polonia.

"Kita siap kerjasama. Semisal k dengan Program Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Sari Rejo atau bersama Forum Masyarakat Sari Rejo (FORMAS)," kata Kepala Cabang (Kacab) PT Angkasapura II (Persero) Bandara Polonia Medan Endang Ahmad Sumiarsa.

Ia mengemukakan hal tersebut pada Lokakarya dan Bazar Amal PJM Program Penanggulangan Kemiskinan (Pronangkis) yang digelar PNPM Mandiri Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, di Halaman Sekolah Taman Siswa, Jalan Mawar, Sabtu (7/3) malam.

Endang menjelaskan, PT Angkasapura juga memiliki program community development (CD) berupa bina lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Sesuai ketentuan, setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT Angkasapura juga mengalokasikan anggaran dari keuntungannya untuk pembinaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan itu, Endang mengharap agar kerjasama PT Angkasapura dengan PNPM Sari Rejo atau FORMAS, ke depan bisa diwujudkan. Sehingga, dengan kerjasama ini, ekonomi masyarakat Sari Rejo bisa terbantu.

Sebelumnya, Koordinator PNPM Mandiri Sari Rejo Gofar Ismail menjelaskan, PNPM merupakan program pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan. Program ini didasarkan pada nilai-nilai luhur kemanusiaan yang universal.

Sikap keluhuran nilai-nilai kemanusiaan ini, katanya, sudah sangat berkurang. Bahkan, cenderung sudah hilang dari masing-masing pribadi masyarakat. "Karena itulah, diluncurkan PNPM," katanya.

PNPM, katanya, akan mendorong terwujudnya masyarakat yang berdaya dan pada akhirnya memunculkan kemandirian dan kesejahteraan rakyat. Ini akan menumbuhkan swadaya di tengah masyarakat.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum FORMAS Drs H Riwayat Pakpahan menyambut baik program pemberdayaan masyarakat ini. "Program ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sari Rejo," kata Pakpahan.

Dia juga menyambut baik tawaran PT Angkasapura untuk kerjasama dalam mengelola pemberdayaan masyarakat. "Saya berharap, ke depan, berbagai program ini bisa direalisasikan sehingga menyejahterakan masyarakat," harapnya.

Acara tersebut dihadiri ratusan masyarakat Sari Rejo, termasuk puluhan pengurus FORMAS. Pakpahan juga memperkenalkan Wakil Sekretaris FORMAS Abyadi Siregar yang maju sebagai Caleg PAN untuk DPRD Medan nomor urut 4 dari Dapem 2.***