AMSON PURBA DAN ABUL HASAN HARAHAP SIAP BANGUN DELI SERDANG


Medan (Lapan Anam)
Dua calon anggota legislatif (caleg) DPRD Sumatera Utara dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Deli Serdang, Drs. Amson Purba (Foto)dan Drs. Abul Hasan Harahap, menyatakan kesiapannya bersama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Deli Serdang membangun daerah asal mereka itu.

"Sebagai putera daerah kami siap membangun Kabupaten Deli Serdang, terlepas apakah kami nanti duduk di DPRD Sumut atau tidak," ujar Amson Purba didampingi Abul Hasan Harahap di Medan, Senin.

Menurut Abul Hasan, sejumlah daerah di Kabupaten Deli Serdang selama ini masih saja tertinggal ketimbang sejumlah daerah lain, apalagi jika dibandingkan dengan Kota Medan sebagai daerah tetangga. Di Deli Serdang hingga kini masih terdapat simpul-simpul kemiskinan dan keterbelakangan yang harus segera mendapat perhatian semua pihak.

Caleg nomor urut 5 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk dapil Deli Serdang itu mencontohkan di Paluh Kurau. Meski daerah itu hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Medan, namun hingga kini masih saja tertinggal karena sulitnya transportasi ke daerah itu. "Ini hanya sekadar contoh, karena banyak daerah lain di Deli Serdang yang mengalami kondisi serupa," ujar Abul Hasan.

Sementara itu, Amson Purba menyebut contoh Kecamatan Gunung Meriah sebagai salah satu daerah yang juga butuh perhatian khusus dari semua pihak, khususnya dari pemerintah daerah. Jalan provinsi yang menghubungkan Gunung Meriah dengan Saran Padang di Kabupaten Simalungun kini rusak parah dan nyaris putus total tanpa mendapat perhatian serius dari pihak manapun.

"Saya masih ingat waktu masih di SMA dulu, ketika jalur Gunung Meriah-Saran Padang yang menghubungkan empat kabupaten di Sumut dapat dilewati bus-bus besar dan berperan dalam perekonomian masyarakat. Sekarang jalur itu justru menjadi simbol keterpurukan, kemiskinan dan ketertinggalan daerah," kata caleg nomor urut 1 dari Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) untuk dapil Deli Serdang itu.

Karenanya Amson Purba dan Abul Hasan Harahap bertekad mengangkat keterpurukan daerah asal mereka itu. "Hari ini kami bersepakat untuk bersama-sama pemerintah daerah dan masyarakat menggelorakan komitmen untuk meningkatkan derajat kehidupan sekaligus melepaskan ketertinggalan Deli Serdang, tidak peduli apakah kami nanti lolos atau tidak menjadi anggota DPRD Sumut," ujar Amson Purba.***