Penegak Hukum Harus Tegas Soal Narkoba

Medan (Lapan Anam)
APARAT penegak hukum diminta bertindak tegas mencegah sekaligus menangani kasus penyalahgunaan narkoba di masyarakat agar generasi bangsa terselamatkan dari bahaya narkoba.

Permintaan tersebut dikemukakan anggota DPD-RI H Yopie S Batubara dalam sambutannya pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Kota Gerakan Nasional Peduli Narkoba dan Tawuran (Gepenta) Medan, Selasa (27/1) di Hermina Hall Belawan dihadiri tamu kehormatan dan sejumlah undangan.

Dikatakannya, kasus penyalahgunaan narkoba saat ini dengan melibatkan berbagai kalangan masyarakat terutama generasi muda, kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan jika penanganannya tidak maksimal dan sesegera mungkin dipastikan korban akibat bahaya narkoba semakin bertambah.

”Saya minta aparat penegak hukum lebih tegas menerapkan sanksi hukum terhadap pelaku kasus-kasus narkoba, karena kasus ini efeknya bisa menghancurkan generasi bangsa”, ujar H Yopie S Batubara yang juga sebagai Penasehat DPD Gepenta Sumut sembari mengatakan jika perlu berikan hukuman seberat-beratnya agar lebih memberikan efek jera kepada pelaku kasus narkoba.

Dikatakan, berdasarkan informasi diterima pihaknya, ternyata peredaran narkoba tidak cuma di lingkungan masyarakat bebas, namun lebih parah lagi justru peredaran narkoba tersebut marak di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan .

”Kondisi ini bisa terjadi karena ada oknum-oknum di lembaga pemasyarakatan maupun rutan terlibat di dalamnya, jika tidak, mana mungkin hal tersebut bisa terjadi. Bagaimana mungkin upaya penaggulangan bahaya narkoba bisa berhasil jika masih ada penegak hukum terlibat di dalam peredaran ”barang haram” tersebut”, kata H Yopie S Batubara yang juga calon anggota DPD-RI periode 2009-2014 tersebut.

Selain itu, Yopie juga mengimbau semua pihak agar sama-sama peduli terhadap penanggulangan bahaya narkoba, karena tanpa kepedulian semua pihak kasus tergolong menyebar luas ke segenap lapisan masyarakat serta ke pelosok daerah ini akan sulit diatasi.

”Pencegahan bahaya narkoba harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga kemudian tempat tinggal serta lingkungan lain, semua orang harus berperan aktif melakukan pencegahannya, karena tugas ini tidak semata di tangan aparat penegak hukum saja”, kata Yopie S Batubara. ***