26 Caleg Asal Pahae Didoakan


>>>Hubban Nasution

Medan (Lapan Anam)
SEDIKITNYA 500 orang anggota Ikatan Keluarga Pangaranto Rura Pangaloan (IKPRP), melepas 26 orang putra/i asal Pahae, Tapanuli Utara (Taput) untuk maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg), baik untuk DPR RI, DPRD propinsi maupun DPRD kabupaten/kota.

Dari jumlah itu, 11 orang di antaranya, termasuk Drs Burhanuddin Napitupulu, Jumongkas Hutagaol dan Abyadi Siregar diulosi (disematkan ulos Batak-red). Ini sebagai simbol adat Batak yang memberi penguatan batin dalam berjuang meraih cita-cita.

Tak hanya itu, pada acara Perayaan Bona Ni Taon (Awal Tahun) yang berlangsung di Wisma Bhakti Jalan AR Hakim/Jalan Bhakti, Minggu (18/1) itu, 500-an undangan mendoakan agar seluruh Caleg tersebut diberi kekuatan oleh Allah Tuhan YME, sehingga terpilih menjadi anggota DPR RI, DPRD propinsi dan DPRD kabupaten/kota. Doa yang khusu’ tersebut, dipimpin Pdt Tambok Sitompul STh (Agama Kristen) dan Ustadz Abidan Sitompul (Agama Islam).

Khusus kepada Drs Burhanuddin Napitupulu yang merupakan Caleg Partai Golkar Nomor Urut 1 dari Dapem Sumut-1 (Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai dan Tebingtinggi), tidak saja diharapkan sekadar terpilih, tapi juga agar bisa menjadi Ketua DPR RI periode 2009-2014.

“Kita mendoakan agar Pak Burhanuddin Napitupulu menjadi Ketua DPR RI lima tahun mendatang. Dengan begitu, berbagai kepentingan Sumut, khususnya kepentingan pembangunan Luat Pahae bisa diperjuangkan dengan mudah di tingkat nasional,” kata Ketua IKPRP dr Hulman Sitompul.

Ketika memberi keterangan, dr Hulman Sitompul yang juga Ketua Persatuan Luat Pahae Indonesia (PLPI) didampingi tokoh-tokoh asal Luat Pahae seperti Manahara Sitompul, Lamsiang Sitompul, ahli pemangku adat Huminsa Sitompul dan sebagainya.

Sedang para Caleg yang hadir dan diulosi adalah Burhanuddin Napitupulu Caleg Partai Golkar Nomor Urut 1 dari Dapem Sumut-1 ( Medan , Deliserdang, Serdang Bedagai dan Tebingtinggi), Jumongkas Hutagaol Caleg untuk DPRD Sumut.

Abyadi Siregar Caleg PAN untuk DPRD Medan dari Dapil II (Medan Tuntungan, Polonia, Johor, Sunggal, Selayang, Maimun dan Medan Baru), Robert P Sitompul (Caleg DPRD Sumut), Mustofawiyah Sitompul (DPRD Sumut), Dame Sitompul, Roymon Simatupang, Idamawati Nababan, Ruhut Sitompul, Ir Cristian Sitompul dan W Sitompul.

Dr Hulman mengimbau agar seluruh keluarga besar IKPRP dan PLPI yang berada di Kota Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Tebingtinggi dan sebagainya, memberi dukungan kepada para Caleg asal Pahae tersebut pada Pemilu 2009 mendatang. Karena keberhasilan para Caleg tersebut, katanya, juga merupakan keberhasilan Bona Pasogit (kampung halaman). “Bila semakin banyak putra/i asal Pahae berhasil, maka akan semakin maju Luat Pahae,” katanya.

DIBUKTIKAN

Di hadapan ratusan warga IKPRP, Burhanuddin Napitupulu menjelaskan bukti bahwa sukses orang Pahae juga menjadi kesuksesan daerah Luat Pahae. “Saya hanya satu tahun menjadi Ketua Komisi V DPR RI, tapi sudah banyak yang saya perbuat untuk Luat Pahae, khususnya kampung saya di Desa Sibulan-Bulan, Kecamatan Purbatua (dulu Kecamatan Pahae Jae-red), Taput,” papar Burhanuddin.

Dulu, lanjut Burhanuddin, tempat Sibulan-bulan merupakan desa terpencil dan terisolir. “Tapi, ketika saya menjadi Ketua Komisi V DPR RI, saya meminta Menteri PU ketika itu untuk membangun jembatan yang menyeberangi Sungai Batang Totu sebagai penghubungi ke desa itu senilai Rp 3,5 miliar,” katanya.

Tidak hanya itu. Jalan yang menghubungkan ke desa itu yang sebelumnya hanya jalan tikus, kini sudah dilebarkan dan diaspal. “Jaringan listrik juga sudah menerangi kampung saya tersebut,”katanya.

Menurutnya, semua ini bisa dilakukan karena kita memiliki kekuatan politik. Tanpa itu, lanjutnya, tak mungkin berbagai bentuk pembangunan itu bisa menyentuh Desa Sibulan-bulan.

“Karena itulah, Luat Pahae saat ini membutuhkan kekuatan politik. Untuk itu, saat ini kita harus bersatu agar bisa menjadikan putra asal Luat Pahae memiliki kekuatan politik,” katanya.***