Kreatifitas di MAN 1 Medan Tinggi


Medan (Lapan Anam)
Ketua Ikatan Alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan,
Rafriandi Nasution, SE MT mengatakan, kreatifitas siswa di MAN 1 Medan sangat tinggi. Sehingga tak heran, para lulusannya senantiasa sukses di berbagai bidang pekerjaan dan profesi.

Rafriandi mengemukakan itu dalam sambutannya di Acara HUT ke 30 MAN Medan di Jalan Pancing Medan, Sabtu (17/1). Hadir di cara itu, Kepsek MAN 1 Medan, Baharuddin Harahap, Ketua Dewan Pakar MAN 1 Medan, Prof Dr Abdul Muin Sibuea, dan Wagubsu Gatot Pujo Nugroho.

Rafriandi kini anggota DPRDSU itu mengaku, saat dirinya mengeyam pendidikan di MAN 1 Medan selalu didukung dengan aktifitas ekstrakulikuler. Sehingga para siswa di MAN 1 Medan bisa mengembangkan bakatnya masing-masing.

"Sebab di MAN 1 Medan ada kegiatan kesenian atau teater dan musik, olah raga, OSIS, dan Pramuka”, kata Rafriandi yang mengaku dirinya sudah beberapa kali menjadi ketua kelas saat duduk sebagai siswa MAN 1 Medan.

Rafriandi juga menyatakan, rasa kebersamaan di MAN 1 Medan sangat kuat. Hal ini terbukti, meskipun para siswanya terdiri dari beragam etnis dan suku, tapi tetap dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

Untuk itu, Rafriandi mengajak para orang tua/wali siswa khususnya siswa MAN 1 Medan, senantiasa mengangkat dan meningkatkan citra dan kejayaanaan MAN 1 Medan.

Ini diperlukan agar MAN 1 Medan senantiasa mendapat kepercayaan dari kalangan masyarakat, sehingga berimbas para lulusannya juga akan diterima di tengah-tengah masyarakat.

"Saat ini banyak alumni MAN 1 sukses di berbagai bidang, seperti
perbankan, eksekutif bahkan sebagai wakil rakyat, semata-mata karena ilmu dan didukung kreatifitas yang tinggi diperoleh dari MAN. Untuk itu, umat islam di Kota Medan umumnya di Sumut senantiasa membangun potensi MAN 1 Medan," imbau Rafriandi juga caleg DPR RI dapil Sumut 2 nomor urut 4.
Rafriandi merupakan mantan Ketua Komisi E DPRDSU bidang pendidikan itu juga berharap, APBD Sumut mampu mengangkat kualitas pendidikan. Karena, lanjut Rafriandi, alokasi APBD Sumut 2009 20 persennya dialokasikan untuk bidang pendidikan.

Sementara itu, Kepsek MAN 1 Medan, Burhanuddin Harahap SAg,MPd mengaku, kegiatan ekstrakulikuler di MAN 1 Medan diprogramkan untuk mengembangkan bakat siswa. Ekstrakulikuler itu yaknia seperti
kader Dakwah siswa.

"Kader Dakwah ini tugasnya mengembangkan dakwah islam ke daerah, seperti Karo, Simalungun dan Langkat dengan biaya sendiri. Makanya saya bangga kepada para alumni yang selalu membantu kader Dakwah. Selain kader Dakwah ada juga kegiatan basket, osis, pramuka, tarung drajat, drum band dan kesenian," ujarnya.(ms)