Ratusan Pohon dan Baliho di Medan Rubuh


Medan (Lapan Anam)
Ratusan pohon dipinggir jalan raya dan pemukiman warga di kota Medan, rubuh akibat terpaan angin puting beliung dan hujan deras, Rabu (2/4).

Demikian juga baliho milik Caleg dan periklanan, bertumbangan hingga menyebabkan kemacetan arus lalulintas di sejumlah kawaan kota Medan. Sementara sejumlah ruas jalan digenangi air hingga sebatas lutut orang dewasa.

Kondisi paling parah terjadi sepanjang Jalan Gatot Subroto, hingga menutup badan. Kemacetan terjadi dalam beberapa jam dengan antrian kenderaan sepanjang 4 kilometer lebih, mulai dari Simpang Majestik sampai Simpang Sei Sikambing Medan.

Sedangkan di Jalan Zainul Arifin, tepatnya di depan Sun Plaza Medan, sebuah baliho tumbang akibat diterpa angin kencang. Tumbangnya baliho tersebut menimbulkan efek kerusakan yang lebih parah, karena menimpa sebuah mobil sedan.

Demikian juga di kawasan Kelurahan Padang Bulan, Jalan Ayahanda, Jalan Batang Serangan dan Jalan Iskandar Muda sejumlah pohon dan baliho rubuh menimpa badan jalan.Malah Rambu Petunjuk Arah milik Dishub Medan tumbang di Jalan Guru Pattimpus tumbang.

Malah dua unit mobil Toyota Kijang kapsul warna hitam dan Avanza warna silver BK 1027 HG milik Bank BII disamping gedung BII Medan tertimpa papan bilboard yang di kontrak calon legislatif DPD RI Sumut, H DR Rahmat Shah.Namun tidak ada korban jiwa. Diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Mobil Avanza yang dikendarai sopir Bank BII, Dogan Daulay baru saja keluar dari gedung yang rencananya akan menjemput tamu perusahaan dari Bandara Polonia Medan. Namun saat keluar dari pelataran parkir gedung, mobil yang dikendarai Dogan ketimpa papan bilboard.

Peristiwa serupa juga terjadi di Jalan Adam Malik Medan persisnya tak jauh dari hotel Asean. Sebuah papan bilboard menimpa satu unit mobil toyota kijang. Begitu juga terjadi di Jalan Gatot Subroto Medan, plang Bank Niaga juga ikut tumbang dan mengenai kaca rumah yang disebelahnya.
Tidak luput juga angin menumbangkan plang matahari milik carefore Jalan Gatot Subroto Medan. Hujan yang disertai angin dan petir yang cukup lumayan kencang juga menumbangkan sebatang pohon di persimpangan Jalan Iskandar Muda Gajah Mada tumbang.

Segera Ditata Kembali

Kadis Pertamanan Kota Medan HM Idaham SH MSi berjanji akan melakukan penataan kembali taman-taman kota dan reklame di kota metropolitan tersebut. Taman-taman kota dan reklame di Kota Medan perlu ada penataan, sehingga terlihat asri dan nyaman.

Demikian disampaikan mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Langkat ini kepada wartawan, Kamis (2/4) usai meninjau lokasi pohon dan reklame yang tumbang disejumlah titik di Kota Medan diakibatkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

”Saya sudah meninjau langsung lokasi tumbangnya beberapa pohon dan papan reklame. Dan petugas Dinas Pertamanan juga sudah melakukan kerja cepat untuk mengangkat dan membersihkan pohon-pohon yang tumbang dan dahan yang patah. Sedangkan papan reklame yang tumbang juga sudah diangkat oleh pemilik advertaising,” jelas Idaham.***