ADA INDIKASI PIHAK TERTENTU INGIN "HABISI" PAN DI BATUBARA

Medan (Lapan Anam)
Jajaran pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) di Sumatera Utara mulai dari pimpinan wilayah hingga pimpinan cabang mensinyalir adanya upaya-upaya terencana dari pihak-pihak tertentu untuk "menghabisi" partai itu di Kabupaten Batubara.

Ketua DPD PAN Kabupaten Batubara, Yahdi Choir dalam Press Release yang diterima Medan Pos , Kamis (16/4), mencontohkan kasus yang terjadi di daerah pemilihan (dapil) IV Kabupaten Batubara yang meliputi Kecamatan Talawi dan Tanjung Tiram.

Di dapil IV itu, menurut penghitungan internal PAN partai itu hampir dipastikan
mendapatkan satu dari jatah sembilan kursi untuk DPRD Kabupaten Batubara.

"Tapi kini ada indikasi pihak-pihak tertentu ingin 'menghabisi' kita dan bisa-bisa satu jatah kursi itu melayang," katanya.

PAN menempatkan lima caleg di dapil IV, masing-masing sesuai nomor urut Amran, SH, Hidayat, SPd, Chairul Bariah, Romi Lubis dan Nursiah Tanti. Sejauh ini Chairul Bariah merupakan caleg PAN peraih suara terbanyak di dapil itu.

Amran, SH yang juga Wakil Ketua DPD PAN Batubara menyatakan keyakinannya PAN mendapatkan satu kursi di dapil IV. Hal yang sama juga dikemukakan Ketua Ketua DPC PAN Kecamatan Tanjung Tiram, Hidayat, SPd.

"Berdasarkan hitungan kita yang dihimpun dari ranting-ranting serta saksi-saksi
mulai di TPS hingga PPK, PAN dapat satu kursi dari dapil IV untuk DPRD Kabupaten
Batubara. Tapi kini ada upaya-upaya untuk menghilangkan jatah kursi kita itu," ujar
Amran.

Ia juga meminta aparat pelaksana pemilu di Batubara, mulai dari KPU hingga PPK dan PPS tetap bekerja sesuai aturan dan tidak melakukan praktik-praktik yang melanggar
hukum.

Baik Amran maupun Hidayat menolak menyebutkan pihak-pihak mana saja yang terindikasi berupaya "menghabisi" suara PAN di dapiI IV. "Tidak usah menyebut nama.Kita mau mengingatkan semua pihak agar tidak mencoba bermain dalam pemilu kali
ini," kata Hidayat.

Pada bagian lain, Yahdi Choir menegaskan pihaknya akan berjuang keras mempertahankan suara yang telah diraih para caleg PAN di Kecamatan Talawi dan Tanjung Tiram. "Tidak mudah untuk meraih kepercayaan dan amanah rakyat, karenanya kita siap untuk mempertahankannya," tegasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumut, Ir Kamaluddin Harahap, telah menyampaikan ucapan selamat kepada Chairul Bariah sebagai peraih suara terbanyak di dapil IV Kabupaten Batubara.

Kepada yang bersangkutan ia juga mengingatkan agar menjaga amanah yang telah diberikan dan konsisten berjuang untuk rakyat Batubara.

Terkait adanya dugaan pihak-pihak tertentu yang ingin "menghabisi" PAN di dapil IV Kabupaten Batubara, ia mengingat agar aparat PPK di daerah itu berhati-hati dan tidak terpancing untuk melakukan pelanggaran.

"Harapan kita PPK tetap bekerja secara profesional agar tidak berurusan dengan hukum," katanya.***