KPU Harus Hindari DPT Kacaubalau di Pilpres Mendatang

Medan (Lapan Anam)
Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (BAPILU) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Edi Ramli Sitanggang SH menegaskan, masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus menjadi prioritas KPU dalam menghadapi Pilpres mendatang.

“Saatnya semua perangkat dimaksimalkan agar DPT tidak lagi kacaubalau. Maka KPU tak boleh malu berkordinasi dengan instansi terkait guna menuntaskannya”, kata Edi Ramli Sitanggang di Medan, Selasa (14/4).

Dia mengatakan, kacaubalaunya DPT pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2009 tidak hanya merugikan partai peserta Pemilu lainnya. Tapi juga merugikan Partai Demokrat sebagai peraih suara terbanyak pada perolehan sementara hasil suara Pemilu Legislatif 2009.

Karenanya kata dia, jangan ada partai yang saling menyalahkan apalagi menuding partai lain sebagai pemicu dibalik kekacauan DPT itu. Partai Demokrat sendiri juga dirugikan.

“Andai saja DPT tidak amburadul, tentunya perolehan suara Partai Demokrat pada Pemilu Legislatif 2009 lalu akan semakin banyak melebihi perolehan suara saat ini,” katanya.

Menurut Edi Ramli, pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009 ini juga kurang sosialisasi dan ini merupakan kesalahan yang sangat fatal, karena Pemilu ini hajatan rakyat dan untuk ke depan yang kurang baik harus ditata kembali.

Walaupun demikian, tegas Edi, soal adanya kekurangan yang terjadi pada pelaksanaan Pemilu Legislatif kemarin, kita tidak bisa menuduh satu lembaga itu dan meminta mereka untuk mundur.

Edi Ramli yang juga Ketua Umum Angkatan Muda Indonesia Bersatu (AMIB), menghimbau masyarakat maupun elemen lainnya tidak terjebak polemik berkepanjangan akibat kacaunya DPT.***