Hj Darmataksiah Perempuan Pertama Pimpin DPRDSU

Medan (Lapan Anam)
Dra Hj Dharmataksiyah YWR secara resmi terpilih sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara lewat rapat paripurna yang digelar anggota dewan, Rabu (15/4). Dia adalah perempuan pertama yang mampu menduduki jabatan Ketua DPRD Sumut, yang selama ini di pimpin pria.

Dharmataksiyah terpilih untuk mengisi posisi ketua DPRDSU yang ditinggalkan (alm) Abdul Aziz Angkat yang tewas akibat demo anarkis pendukung Protap para Pebruari silam. Dia akan melanjutkan kepemimpinan untuk sisa masa jabatan 2004-2009 yang akan berakhir bulan Oktober mendatang.

Dalam rapat paripurna yang dihadiri oleh 58 dari 84 orang anggota dewan tersebut, Dharmataksiyah berhasil memperoleh 33 suara. Sementara itu, saingan kuatnya, Amas Muda Siregar, meraih perolehan suara sebanyak 24 suara.

Kemenangan ini sendiri disambut secara haru oleh Dharmataksiyah yang sebelumnya tidak menyangka akan memenangkan persaingan dengan Amas Muda, yang lebih banyak diunggulkan sebelumnya. Dari 58 suara yang masuk, 57 suara dinyatakan sah oleh rapat paripurna, sementara 1 suara lagi dinyatakan batal.

Dra Hj Dharmataksiyah YWR sendiri sebelumnya adalah anggota komisi D dari fraksi Partai Golkar, sementara Amas Muda, yang juga Ketua dari fraksi Partai Golkar, merupakan Anggota Komisi B DPRD Sumatera Utara. Dengan kemenangannya, Dharmataksiyah mencatat sejarah baru sebagai wanita pertama yang memimpin jajaran anggota dewan DPRD Sumatera Utara.

Rapat paripurna yang digelar tadi pagi tersebut dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin dan Gatot Pujo Nugroho, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, RE Nainggolan serta Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Drs Baharudin Djafar, M.Si.***