fashion pria
Gelar Pekan Raya Lingkungan Hidup
Bapedaldasu Canangkan Gerakan 5 Juta Pohon

Medan (Lapan Anam)
Guna menyemarakkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2008, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Utara (Bapedaldasu) menggelar Pekan Raya Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara 2008 dengan tema “Ubah Perilaku dan Cegah Pencemarannya”.
“Berbagai kegiatan bertemakan lingkungan akan digelar dengan memfokuskan gerakan 5 juta pohon dalam rangka pemulihan lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Kepala Bapedaldasu Prof Syamsul Arifin SH MH kepada wartawan di Medan , Rabu (2/7).
Menurut Prof Syamsul, dalam rangka memperingati 36 tahun deklarasi Stokholm 1972, setiap tanggal 5 Juni ditetapkan masyarakat internasional sebagai hari Lingkungan hidup sedunia untuk mengingatkan manusia akan pentingnya fungsi pelestarian lingkungan hidup dalam menyelamatkan lingkungan bagi keberlanjutan pembangunan dan untuk kesejahteraan masyarakat dari generasi ke generasi.
Tahun 2008, kata dia, merupakan titik awal penempatan isu lingkungan dalam kerangka pembangunan di daerah sesuai amanah PP No 38/2007, di mana lingkungan hidup merupakan urusan wajib ketiga setelah pendidikan dan kesehatan yang harus diberhasilkan pelaksanaannya untuk menwujudkan masyarakat sejahtera.
Karenanya dalam rangka meletakkan landasan pembangunan lingkungan di daerah, Bapedaldasu menggelar Pekan Raya Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara 2008 dengan menggelar seminar, lokakarya, pelatihan dan diskusi panel terhadap isu-isu pembangunan lingkungan hidup di daerah dengan mengetengahkan 22 substansi topik.

Kegiatan tersebut digelar mulai 9 hingga 26 Juli di Bina Graha Sumut, Aula Bapedaldasu, IAIN SU, Hotel Madani Medan, Hotel Darma Deli Medan, Hotel Danau Toba Medan, Aula Kawasan Industri Medan, Hotel Garuda Plaza dan Pekan Raya Sumatera Utara.
“Hasil-hasil kegiatan itu nantinya merupakan standar poin dalam melakukan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam sesuai karakteristik ekologisnya di Sumatera Utara untuk beberapa tahun mendatang,” tegas mantan Plt Walikota Binjai ini.
Pameran dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan Bapedaldasu ini akan digelar di Arena Pekan Raya Sumatera Utara 24 hingga 27 Juli 2008 dengan menampilkan stan dan produk yang muatannya berisi invovasi-inovasi terhadap pemanfaatan sumber daya Alam.
“Baik secara daur ulang dan inovasi-inovasi dalam upaya untuk mencari alternatif pengganti energi dan sekaligus juga untuk menghadapi perubahan iklim serta pemanasan global,” ungkap Prof Syamsul Arifin SH MH. (ms)