fashion pria


Abyadi Siregar :
Pemilu 2009 Momentum
Merebut Kembali Kejayaan PAN

Medan (Lapan Anam)

Pemilu 2009 yang tinggal sekitar sembilan bulan lagi, merupakan momentum bagi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk merebut kembali masa kejayaannya seperti pada Pemilu di awal reformasi tahun 1999. Bahkan kebesaran PAN mungkin bisa lebih dari itu.

Hal itu dikemukakan Wakil Sekretaris DPD PAN Kota Medan Abyadi Siregar S.Sos saat silaturrahmi dengan pengurus DPC/DPRt PAN se Kecamatan Medan Sunggal, di rumah PAN Jalan Sunggal, Medan, Sabtu (19/7).

Silaturrahmi tersebut dihadiri puluhan pengurus DPC PAN Medan Sunggal dan ketua-ketua DPRt PAN se Kecamatan Medan Sunggal. Di antaranya Ketua DPC PAN Medan Sunggal Joko, Sekretaris Andisaputra, Bendahara Agus Miwardi dan para pengurus harian (PH) lainnya.

Selain itu, hadir juga ketua-ketua DPRt PAN se Kecamatan Medan Sunggal seperti Ali Salihin (Ketua DPRt PAN Kelurahan Babura), Mochtar (Ketua DPRt Tanjung Rejo), Masdaretno (Ranting Lalang), Andayana (Ranting Sunggal), Hasan Nasution (Ranting Sei Sikambing B). Bahkan hadir juga Ketua DPC Medan Tuntungan Kuat Surbakti.

Abyadi menjelaskan, banyak alasan yang membuat Pemilu 2009 menjadi momentum bagi PAN untuk merebut kembali masa kejayaannya. Salah satu alasan paling kuat adalah iklim demokrasi yang saat ini dibangun di PAN. Demokrasi yang dibangun sangat terbuka. Salah satu wujudnya adalah penerapan sistem pencaleg-kan dengan suara terbanyak.

“Artinya, nomor caleg yang jadi ditentukan oleh suara terbanyak. Jadi, siapa yang meraih suara terbanyak, dialah yang duduk di legislatif. Saya melihat, ini sistem yang sangat demokratis sehingga membuka peluang kepada semua kader untuk berkompetisi secara sehat. Bila semua kader bekerja, maka akan menjadi magnit untuk merekrut suara,” kata Abyadi.

Namun begitu, katanya, kejayaan PAN itu tidak akan bisa direbut bila seluruh jajaran PAN tidak solid. ”Jajaran partai harus solid mulai dari fungsionaris di DPW, DPD, DPC hingga ke DPRt. Jika tidak, maka kebesaran PAN itu hanya akan sebatas mimpi,” kata Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumut itu.

Bila seluruh potensi partai solid bersinergi, menurutnya, target PAN pada Pemilu 2009 akan bisa dicapai. ”Pada Pemilu mendatang, PAN menargetkan kenaikan perolehan suara hingga 100% dibanding Pemilu 2004 lalu yang ketika itu hanya sekitar 6,5%,” jelas Abyadi yang maju sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Medan dari daerah pemilihan (Dapil) II.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PAN Medan Sunggal Joko dan Sekretaris Andisaputra bahkan optimis PAN akan meraih minimal dua kursi dari Dapil II. Terlebih Dapil II merupakan Dapil yang memiliki kecamatan terbesar, yakni sampai tujuh kecamatan. Ketujuh kecamatan itu yakni Kecamatan Medan Tuntungan, Selayang, Johor, Sunggal, Medan Polonia, Medan Baru dan Medan Maimun. (ms)