Warga Pahae Didukung di Pemilu 2009


Medan (Lapan Anam)
Warga Pahae bertekad akan mendukung dan memenangkan putra daerah asal Pahae, untuk duduk di lembaga legislatif pada Pemilu 2009 tanpa membedakan asal usul partai dan agama. Targetnya, harus ada putra Pahae di DPR RI dan DPRD guna memperjuangkan pembangunan Pahae yang masih tertinggal.

Tekad itu tercetus dalam pertemuan warga Pahae di aula CV Medan Bus Jl Menteng VII Medan, Sabtu (13/12).

Sejumlah tokoh Pahae antara lain Drs Burhanuddin Napitupulu, Ir Nelson Parapat, DR Hulman Sitompul SpOg, DR Shohibul Anshor Siregar MSi, Lamsiang Sitompul, Rusdi Ritonga SH, Prof DR H Harun Sitompul Mpd, Mayjen Simanungkalit (Penggagas Kabupaten Pahae), Drs Husor Parissan Sitompul, Drs Abyadi Siregar dan lainnya hadir dalam pertemuan itu.

Demikian juga para putra Pahae yang ikut Caleg dari berbagai Partai politik (Parpol) yang ikut Caleg pada semua tingkatan di Pemilu 2009, ikut berdialog guna memantapkan langkah.

Burhanuddin Napitupulu (Foto-Red)Caleg DPR RI dari Partai Golkar daerah pemilihan Sumut-1, mengatakan perjuangan memperkuat putra daerah di lembaga legislatif sangat penting. Karena ketertinggalam pembangunan di wilayah Pahae, termasuk akibat lemahnya posisi tawar warga Pahae di DPR RI dan DPRD.

“Perjuangan politik adalah perjuangan merebut kekuasaan. Suatu kelompok akan kuat jika kelompok itu memiliki kekuatan politik di lembaga legislatif dan eksekutif. Dan satu upaya memperkuat posisi tawar itu di legislatif, adalah dengan memperbanyak putra daerah Pahae di DPR RI dan DPRD”, katanya.

Burhanuddin tidak serta merta meminta agar dirinya didukung, tapi siapapun asalkan putra Pahae yang kredibel dan kompeten. Dia yakin potensi itu sangat memungkinkan, terutama melihat jumlah warga Pahae yang ikut menjadi Caleg di Pemilu 2009.

Pendapat itu didukung Nelson Parapat, yang mengatakan kekuasaan adalah kunci keberhasilan perjuangan. Dengan adanya kekuasaan, akan mudah mengambil kebijakan untuk membangun daerah. Maka dalam upaya memajukan daerah, dia tidak saja mendukung agar putra Pahae diperjuangkan di legislatif, tapi juga di eksekutif.

Demikian juga Jumongkas Hutagaol yang Caleg DPRD Sumut dari PPRN daerah pemilihan Sumut-8 (Taput dan sekitarnya), menilai potensi warga Pahae berkifrah di jalur politik sangat terbuka. Sebagai menantu warga Pahae, dia siap mempasilitasi segala kegiatan yang berkaitan dengan upaya membangun Pahae.

Terungkap dalam pertemuan sangat akrab dan bersahaja itu, warga Pahae terdiri dari Kecamatan Pahae Julu, Pahae Jae, Simangumban, Purbatua, baik yang berada di Parserakan (perantauan seperti kota Medan) maupun yang masih menetap di Bona Pasogit (kampung halaman), akan saling tukar informasi dan bersosialisasi mewujudkan tekad tersebut.

Terkait itu, akan dibentuk tim kecil guna menginventarisasi potensi putra daerah di kancah politik, terutama yang ikut bertarung di Pemilu legislatif tahun 2009. Organisasi Persatuan Pahae Indonesia juga akan diperkuat, dengan memaksimalkan bidang-bidang garapan yang mungkin ditangani dalam waktu dekat dan jangka panjang.

Ketua Persatuan Pahae Indonesia, Hulman Sitompul mengharapkan, warga Pahae tetap solid dalam kebersamaan mewujudkan visi dan misi organisasi. Potensi organisasi akan dimaksimalkan guna mewujudkan peran strategis anggotanya dalam berbagai kegiatan pengabdian membangun bangsa. (ms)