Festival Takbir Akbar Perebutkan Piala Gubsu

>>Release
Medan ( Lapan Anam)
Ketua DPP Partai Golkar, Drs H Burhanuddin Napitupulu,membuka Festival Takbir Akbar ke 13 memperebutkan piala Gubernur Sumatera Utara, Minggu malam (6/11) di lapangan bola Desa Kelambir Lima Kebun, Kec Hamparan Perak, Kab Deliserdang.

“ Ini sebuah kegiatan yang sangat positif dalam upaya membina ummat terutama generasi muda dalam menjauhkan mereka dari hal-hal yang bersifat negatif, seperti terlibat penyalah gunaan Narkoba,” ujarnya usai melepas peserta.

Menurut Buhanuddin yang juga Caleg DPR RI, dari Dapem Sumut I ini, keunikan Festival ini selain menyebarkan syiar Islam, juga memiliki link, dimana saat-saat jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah, ummat Islam yang ada di daerah ini juga berkumpul di satu lapangan dan mengumandangkan Takbir dan Tahmid, hingga keliling kampung yang ada di sekitar wilayah ini.

Burnap begitu tokoh asal Sumatera Utara itu disapa juga menyebutkan, Festival Takbir Akbar yang digagas oleh tokoh Sumut, H Wagirin Arman ini dinilai memiliki keunikan tersendiri, dan belum ditemukan di provinsi lain. Soalnya syiar agama Islam ini sudah berlansung selama 13 tahun terus menerus, bahkan sudah bebrapa kali pergantian Gubernur. “Ini sebuah event yang luar biasa, karena itu juga mendapat perhatian dari masyarakat yang luar biasa,” katanya.

Pendapat yang sama juga disampaikan Meutiya Hafid, yang juga Caleg DPR RI dari Partai Golkar, untuk Dapem Sumut I. Menurut Meutiya Reporter salah satu televisi swasta yang sudah melanglang buana ke berbagai tempat ini, ia baru melihat betapa partisipasi masyarakat dalam festival ini cukup besar dan sangat luar biasa. Tak cuma peserta festival yang memenuhi lapangan, tapi juga masyarakat yang mencapai 10 ribu orang ikut memadati lapangan, ditambah lagi masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui oleh peserta festival.

Sementara itu, Ketua DPRD Seliserdang, H Wagirin Arman yang juga sebagai penggagas dilaksanakannya festival ini menyebutkan, partisipasi ummat dalam ikut mensukseskan festival ini cukup besar. Dari tahun ke tahun, peserta terus bertambah untuk ikut menyemarakkan festival ini. Saat ini saja peserta sudah meliputi 3 daerah tingkat 2, yakni Deliserdang, Medan dan Binjai.

Menurut H Wagirin, sejak event ini digelar ada beberapa tokoh Nasional pernah berkunjung ke Desa Kelambir Lima Kebun ini, di antaranya H Wiranto, Agung Laksono, Akbar Tanjung dan bahkan Sri Sultan Hamengkubuwono X, serta beberapa tokoh lainnya.

Turut melepas peserta festival antara lain, yang mewakili Gubsu, mewakili Bupati Deliserdang, para caleg dari Partai Golkar, di antaranya, Reza Fahrumi Taher, Iman Swadiri Ginting, Darwin Harahap, Muspika Kecamatan Hamparan Perak, serta petinggi kebun Kelambir Lima.***