fashion pria

Saatnya Petani Beralih Menggunakan Pupuk Organik

Medan (Lapan Anam)

Untuk menghindari kelangkaan pupuk, sebaiknya masyarakat petani Sumatera Utara beralih saja menggunakan pupuk organik daripada menggunakan pupuk non organik (kimia).

Demikian diungkapkan Anggota DPRD Sumut asal daerah pemilihan Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, Edison Sianturi kepada wartawan di Gedung DPRD sumut, Rabu (4/6).

Pemerintah, tegas Edison, diharapkan dapat memberikan penyuluhan kepada para petani tentang bagaimana cara mengolah limbah/kompos menjadi pupuk organik.

Sebab, kata Edison, dengan menggunakan pupuk organik, hasil dari tanaman tersebut akan lebih baik, bahkan rasanya juga lebih enak.

Hanya saja, ungkap Edison, masyarakat petani sekarang ini sudah terbiasa menggunakan pupuk non organik (kimia) untuk tanaman pertaniannya. Oleh karena itu, pinta Edison, perlu upaya dan kerja keras dari pemerintah untuk merubah pola masyarakat petani yang terbiasa menggunakan pupuk kimia agar beralih menggunakan pupuk organik.

"Yang utama, bagaimana pemerintah merubah pola petani kita agar tidak ketergantungan dengan pupuk non organik. Dinas Pertanian juga diharapkan dapat memprogramkan pengelolaan pupuk organik dengan memanfaatkan limbah," ujar Edison.

Menurut Edison, pola yang ada sekarang ini sepertinya telah membuat masyarakat petani kita menjadi ketergantungan dengan pupuk non organik. Edison juga menjelaskan, pupuk ini ibarat musiman, "Disaat musim tanam, terkadang pupuk selalu menghilang dan sangat sulit diperoleh di pasaran," katanya.

Jadi, sebut Edison, bila petani sudah beralih menggunakan pupuk organik, tidak perlu takut lagi akan hilangnya pupuk maupun tingginya harga pupuk non organik.

"Dan ini sudah diterapkan masyarakat petani di Kabupaten Dairi yang tergabung dalam Perhimpunan Petani Organik Dairi (Pepoda). Mereka tidak perduli lagi jika pupuk menghilang maupun harganya tinggi, sebab mereka telah menggunakan pupuk organik," kata Edison.

Jika petani sudah terbiasa dengan pupuk organik, lanjutnya, maka pemerintah akan terbantu, karena subsidi tidak ada lagi dan tentunya hal ini juga dapat memutus jaringan mafia. (ma)