fashion pria

Prabowo Subianto
Akan Buka Musprop DPP HKTI Sumut

Medan (Lapan Anam)

Ketua Umum DPN HKTI (Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Letjen (Purn) Prabowo Subianto hari ini, Jumat (13/6) membuka Musprop (Musyawarah propinsi) ke-VI DPP (Dewan Pimpinan Propinsi) HKTI Sumut, sekaligus memberikan pengarahan tentang upaya membantu dan memproteksi petani menghadapi berbagai tantangan ke depan, di Kota Berastagi-Tanah Karo.

Demikian diungkapkan Ketua panitia Drs Pangihutan Siagian, didampingi Ketua DPP HKTI Sumut Prof. MPL Tobing, wakil ketua SM Hutagaol dan Prof Dr Ir Bitler Sirait kepada wartawan, Kamis (12/6) di Medan.

Pangihutan Siagian yang juga anggota DPRD Sumut ini mengatakan, musyawarah yang berlangsung 13-15 Juni 2008 tidak hanya terfokos pada pemilihan ketua dan pengurus DPP HKTI Sumut periode ke depan. Tapi juga membahas dan menyusun program-program HKTI yang diselaraskan dan disinergiskan dengan program pemerintah dalam mendukung serta meningkatkan kesejahteraan petani Sumut.

Karena itu, ungkap Siagian, selama musyawarah berlangsung akan diisi beberapa session sarasehan atau diskusi panel melibatkan beberapa instansi terkait, seperti Badan Ketahanan Pangan Sumut, Dinas Pertanian Sumut, Badan Pertanahan Negara, Dinas Kehutanan Sumut, Dinas Peternakan Sumut membahas topik terkait proyek masing-masing instansi jangka pendek, menengah dan panjang.

Selain itu, tambah Pangihutan, juga melibatkan pihak Bank Indonesia, Disperindag dan Dinas Koperasi Sumut membahas tentang perbankan khususnya realisasi kredit bagi petani dan pemasaran produk pertanian, juga tak kalah pentingnya membahas persoalan pupuk bersubsidi yang selama ini terjadi langka dengan melibatkan PT Pusri dan PT Petrokimia.

Disinggung kandidat Ketua DPP HKTI Sumut ke depan, Prof MPL Tobing mengatakan, ada beberapa kandidat yang muncul ke permukaan, seperti Drs Pengihutan Siagian, K Sipayung dan mungkin juga dari daerah kabupaten/kota di Sumut. Tapi yang diharapkan menjadi Ketua nantinya figure yang sangat perduli dan memiliki perhatian terhadap petani dan pertanian. (ms)