fashion pria

PEMERINTAH DIMINTA SEGERA BANTU
KORBAN GEMPA DI SIMANGUMBAN TAPUT

*Kader PAN Diinstruksikan Kirim Gobar

Medan (Lapan Anam)

Pemerintah diminta segera membantu para korban gempa bumi yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Simangumban dan Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Senin malam (19/5) .

"Sebisa mungkin makanan dan selimut harus segera di drop,agar korban tidak kelaparan dan kedinginan teruma yang masih tinggal di tenda penampungan",kata anggota DPRDSU Ir Kamaluddin Harahap MSi kepada wartawan di Medan,Rabu (21/5).

Anggota Komisi A DPRDSU juga Ketua DPD PAN Sumut ini mengatakan, Pemkab Taput dapat menggunakan dana tangkap darurat yang sudah tersedia di Kabupaten/kota. Jadi tidak sekedar mendrop mie instan,melainkan beras dan selimut termasuk sarden untuk kepentingan dapur umum.

"Dalam keadaan darurat,Bupati dapat mendrop bantuan tangkap darurat 10 s/d 100 ton.Dengan bantuan itu kita yakin korban akan terbantu dan tidak mengalami trauma berkepanjangan",ujarnya.

Dia juga mendesak Dinas Jalan dan Jembatan Sumut segera membangun kembali jalan yang putus dan jembatan yang rusak,agar transfortasi berjalan normal.Paling tidak menimbun badan jalan agar bisa dilalui kenderaan roda dua dan angkutan pedesaan,guna memudahkan pasokan bantuan.

"Perbaikan inprastruktur mendesak dilakukan,agar transportasi darat berjalan lancar dan korban tidak tress dan tidak terlalu lama dilanda trauma",kata Kamal.

Pejabat terkait tidak perlu harus menggelar rapat dan meminta petunjuk atasan,sebab dana tanggap darurat sudah tersedia di seluruh kabupaten/kota.
"Kita perlu meniru negara Cina dalam menangani bencana,segera bertindak tanpa harus menunggu korban makin menderita",katanya.

Sebagai Ketua DPW PAN Sumut,dia sudah menginstruksikan agar DPD PAN Taput segera melakukan tangkap darurat termasuk membuka dapur umum dilokasi bencana.

"Kader PAN di Taput kita instruksikan segera mengirim Gobar (Selimut) dan menyalurkan bantuan yang diperlukan sesuai kemampuan kepada korban gempa di Simangumban dan Pahae",ujarnya.

DPW PAN Sumut juga sedang menunggu laporan apa saja yang perlu didrop dari provinsi. Intinya bagaimana para korban dapat dibantu meringankan derita yang mereka alami.

"Agar korban bencana gempat di Simangumban dan Pahae tidak terlalu lama menderita, suplay beras dan gobar harus segera dilakukan ke lokasi bencana",ujarnya. (ms)