fashion pria


Komisi A akan Bentuk Tim AdHoc Jaring KPID Sumut

Medan (Lapan Anam)

Dalam waktu dekat Komisi A DPRD Sumut akan membentuk Tim AdHoc Penjaringan Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut. Dalam tim tersebut akan diisi oleh beragam unsur seperti akademisi, pengusaha/pelaku pers, serta unsur pemerintah.

"Yang pasti kami tidak akan masuk ke tim itu. Tugas kami hanya membentuk tim tersebut agar selanjutnya merekalah yang menjaring siapa yang layak untuk dijadikan jadi anggota KPID Sumut periode 2008-2013," ujar Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut, Ir E Sianturi, kepada para wartawan di aula gedung dewan, Senin (12/5).

Jumlah tim penjaringan itu ditargetkan dalam bilangan ganjil. "Kalau tidak lima, tujuh, atau sembilan. Tapi kemungkinan anggota Tim AdHoc itu sembilan orang," tambahnya. Jika sudah ada nama-nama calon anggota tim itu, selanjutnya pihaknya akan mengajukan nama-nama calon yang ada untuk diserahkan ke pimpinan dewan untuk mendapatkan pengesahan.

"Biar keluar SK-nya. Terus siap itu, tim pun bisa bekerja full melaksanakan tugasnya. Paling lama mereka bekerja selama dua bulan," ujar Sianturi. Pihaknya sendiri menekankan tim itu agar juga berisi kalangan akademisi dari Universitas Sumatera Utara (USU), terutama untuk penugasan psikotes calon anggota KPID Sumut.

Pihaknya berharap paling lambat akhir bulan Juli 2008 sudah ada nama-nama anggota KPID Sumut yang baru menggantikan yang lama. Disinggung mengenai berakhirnya masa tugas anggota KPID Sumut yang lama namun masih menerima gaji bulanan, Sianturi tertawa.

"Ya, itulah. UU tentang Penyiaran menyebutkan anggota KPID yang lama masih menerima gaji walau masa tugasnya habis jika anggota KPID yang baru belum ada," ujarnya.

Bantah Pengadaan Mobil

Ditanya tentang dugaan pembelian sejumlah mobil bagi anggota KPID Sumut yang lama, Sianturi membantah. Sebab dari informasi yang dia peroleh, tidak pernah ada anggaran untuk pembelian mobil dinas bagi anggota KPID Sumut.

"Yang saya tahu, ada tiga mobil yang diberikan oleh Pempropsu untuk kesekretariatan KPID Sumut. Namun karena kami dengar para anggota KPID Sumut itu berminat atas tiga mobil tersebut, ya akhirnya tidak diketahui bagaimana akhirnya," tegasnya.(ms)