fashion pria

Arsip Rekan

Produksi Kedelai di Atas Target
Medan (Lapan Anam)
Produksi kedelai di Sumatera Utara (Sumut) hingga April 2008 mencapai 2.932 ton dengan lahanseluas2.534hektare(ha). Jumlah ini melebihi angka ramalan (aram) yang ditetapkan hingga April sebesar 1.257 ton di lahan seluas 1.048 ha.

”Produksi kedelai tahun ini memang cukup cepat jika dibandingkan dengan produksi beberapa tahun lalu,” papar Kepala Seksi Data Statistik dan Perumusan Program Dinas Pertanian (Distan) Sumut Lusyantini kepada wartawan di Medan belum lama ini.
Dia menyebutkan, tingginya produksi kedelai didorong harga jual kedelai yang semakin tinggi di pasaran, menyusul kenaikan harga bahan pangan di dunia. Kenaikan ini tidak hanya terjadi di daerah perkotaan,namun juga di tingkat petani. Saat ini harga jual kedelai baik di tingkat petani maupun perkotaan berkisar antara Rp6.000–7.000 per kg.

”Harga tinggi membuat petani tergiur menanam kedelai. Jadi sekarang ini sudah semakin banyak petani yang menanam kedelai,”ucapnya. Berdasarkan data Distan Sumut, kabupaten/kota yang mulai mengembangkan tanaman kedelai kembali,yaitu Deliserdang, Langkat, Serdangbedagai, dan Tapanuli Selatan. Lusyantini mengatakan, pengembangan lahan kedelai di Sumut masih terbilang sulit karena hingga saat ini ketersediaanbenihberkualitasmasih minim.Akibatnya,petani juga masih kesulitan memperoleh benih berkualitas.

“Kalau benih berkualitas mudah diperoleh, tentu target produksi kedelai tahun ini sebesar 4.068 ton dengan luas lahan penanaman sebesar 3.516 ha dapat tercapai,”ucapnya. Namun, dengan tingginya harga kedelai saat ini, produksi dan target perluasan lahan tanaman kedelai di Sumut tahun ini diharapkan dapat tercapai. Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut Prama Yufdy mengatakan, pihaknya akan lebih menyosialisasikan perkembangan teknologi untuk me-ningkatkan produksi kedelai di Sumut.

”Kami melihat kedelai merupakan komoditas yang sangat bagus untuk dikembangkan. Hal ini terbukti dari kebutuhannya yang selalu meningkat. Makanya, kami akan mengupayakan berbagai cara agar produksi kedelai kita bisa meningkat,”tandasnya. (jelia amelida/SINDO)