fashion pria

Jurnalis Harus Jadi Pengawal Moral Bangsa

Medan, (Lapan Anam)

Kalangan jurnalis di Indonesia diminta selalu aktif mengawal moral bangsa, lewat peningkatan profesionalisme dan berbasis kompetensi. Peran jurnalis dalam mengawal moral bangsa sangat dibutuhkan ,karena jurnaslis menjalankan fungsi penyebaran informasi, hiburan, edukasi dan kontrol sosial.

Hal itu dikemukakan Ketua Kaukus Wartawan Peduli Petani dan Nelayan (KWP2N), Drs Mayjen Simanungkalit saat menerima kunjungan silaturahmi Jurnalis Muslim Club (JMC) di Kafe Teras Jalan Mengkara Medan, Kamis (6/3).

Mayjen saat itu didampingi Bendahara dan Humas (KWP2N) Jamaluddin SPd dan Heru Kurnia, sedang dari JMC yang hadir yakni Amru Lubis SAg (Sekretaris Jenderal) dan sejumlah pengurus divisi yakni M Syafi’i Sitorus, Suardi Sinaga, Zainul Abdi, Fachruddin Pohan dan M Iqbal.

Kita berharap pengurus JMC menjadi sarana keunggulan di kalangan wartawan tanah air khususnya Kota Medan. Jadikan JMC ini tidak semata sebagai wadah silatrurahmi atau kumpul-kumpul, melainkan sebagai wadah untuk meningkatkan eksistensi dan kualitas serta kompetensi di kalangan jurnalis atau wartawan, sebut Mayjen.

Di a mengatakan, dengan dibentuknya JMC maka diharapkan akan semakin berekembangnya lagi wadah di kalangan jurnalis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas. Sehingga dengan meningkatnya wadah wartawan maka akan berimbas terhadap eksistensi dan kualitas wartawan juga akan semakin baik dan banyak. “Sehingga wartawan memiliki kompetensi dalam menjalankan tugasnya sehari-hari,” katanya.

Saat ini kata dia, sangat dibutuhkan wartawan yang memiliki kompetensi. Yakni, kompetensi moral dan etika, kompetensi ilmu pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.

Kompetensi moral dan etika ini harus ada dimiliki dalam diri kalangan wartawan. Sebab lewat kompetensi moral dan etika akan menjadikan wartawan sebagai pengawal moral bangsa, yang tujuannya sudah pasti untuk mencerdaskan bangsa, bukan menyesatkan, tegasnya.

Sedangkan kompetensi keterampilan, menurut Mayjen yakni keterampilan wartawan dalam membuat berita, investagasi, serta bidang keilmuan wartawan lainnya yang baik dan benar dan sesuai aturan. Selanjutnya kompetensi ilmu pengetahuan yakni bertujuan agar kalangan wartawan mampu mengikuti dan nggunakan ilmu pengetahuan yang berkembang saat ini.

Pada pertemuan itu, Mayjen juga menyampaikan rencana kegiatan KWP2N yakni menggelar pelatihan teknik meliput pemilu bagi kalangan wartawan di Kota Medan. “Kita berharap JMC turut serta dan mau bekerjasama dalam menyukseskan acara pelatihan ini nantinya,’ sebutnya.

Sementara pada pertemuan itu, Amru Lubis mengatakan, kunjungan silaturahmi JMC ke KWP2N, yakni terkait JMC akan dideklarasikan pada 15 Maret 2008 di Dhaksina Hotel Medan. Dalam deklarasi itu, JMC juga akan menggelar acara dialog terbuka bertema “Peran Jurnalis Menyukseskan Pilgubsu 2008”, dengan menghadirkan sejumlah pembicara yakni Ketua PWI Sumut H Muhyan AA, Ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution SH, Ketua Panwaslih Sumut David Susanto SE, dan Kaban Infokom Provsu Eddy Sofyan MAP. (ms)