fashion pria


INFRASTRUKTUR KE KAWASAN
WISATA TANGKAHAN RUSAK PARAH

Medan, (Lapan Anam)

Infrastruktur berupa jalan dan jembatan menuju kawasan wisata di Tangkahan, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dewasa ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Anggota DPRD Sumut Abdul Hakim Siagian, SH, MHum di Medan, Minggu, menyebutkan dirinya mendapati kondisi sedemikian rupa ketika mengunjungi kawasan wisata yang terletak di Desa Namo Sialang dan Sei Serdang itu akhir pekan lalu.

Infrastruktur ke kawasan itu saat ini semakin sulit dilalui karena memang sangat tidak terawat dan tidak adanya upaya perbaikan, meski Tangkahan sendiri merupakan kawasan ekowisata yang banyak diminati wisatawan dalam dan luar negeri karena memiliki panorama hutan yang indah dan alami dengan gajah-gajahnya yang terlatih.


"Jalan-jalan yang ada pada umumnya sudah rusak berat, sementara jembatan-jembatannya juga banyak yang sudah runtuh, sehingga untuk sampai ke kawasan itu kita harus rela menyeberang dengan memasuki tiga sungai yang salah satu diantaranya memiliki kedalaman hingga satu meter," ujarnya.



Calon anggota legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPR-RI itu mencontohkan jembatan di kawasan Bandar Pulau yang bukan saja sudah runtuh, tetapi besi-besinya bahkan sudah raib, sementara penggantinya tak kunjung ada. "Padahal jembatan itu sangat vital untuk perjalanan ke dan dari Tangkahan yang indah," ujarnya.



Kondisi tersebut menyebabkan jarak dan waktu tempuh Medan-Tangkahan bertambah hingga satu jam lebih karena harus memalui kawasan perkebunan PTPN II di Sawit Seberang. "Bila infrastruktur itu tak capat diperbaiki, bukan hanya akan memukul sektor pawisata, tetapi juga akan menyulitkan petani kita membawa hasil-hasil panen mereka ke pasar," katanya.



Dalam kunjungannya itu Abdul Hakim Siagian sempat bertemu dan berdialog dengan Ketua Harian Lembaga Pariwisata Tangkahan, Seh Ukur Sembiring dan salah seorang pengelola "cottage" di kawasan itu, Wakiyun. Keduanya juga mengeluhkan buruknya infrastruktur ke kawasan wisata tersebut.



Hakim Siagian sendiri berjanji akan menjadikan kondisi tersebut sebagai salah satu fokus perhatian utamanya jika diamanahi rakyat menjadi wakil di DPR-RI.




"Saya akan konsern dengan lingkungan yang menjadi ekowisata ini dan terus mendorong pemerintah khususnya pemerintah daerah agar serius memperhatikan kondisi ini," katanya.(ms)