fashion pria


IKLAN OPERATOR SELULAR BOHONGI KONSUMEN

Medan, 10/8 (ANTARA) - Berbagai ragam dan jenis iklan yang ditampilkan sebagian besar operator selular akhir-akhir ini dinilai cenderung mulai membohongi konsumen, sementara konsumen sendiri diimbau agar berhati-hati dalam menyikapinya.


"Banyak sekali iklan operator selular yang cenderung membohongi publik. Kami mengimbau agar konsumen berhati-hati," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Pemberdayaan dan Penguatan Publik (Lampik), Mayjen Simanungkalit, di Medan, Minggu (10/8-08).


Ia mencontohkan iklan yang menjanjikan SMS gratis atau berbicara gratis tanpa batas. "Ada juga yang menawarkan berbicara gratis sampai bibir dower. Menyikapi hal ini masyarakat konsumen harus semakin selektif menentukan pilihan," katanya.


Pada kesempatan itu Mayjen Simanungkalit juga mempertanyakan iklan SimPATI Telkomsel pada sejumlah bilboard yang bertuliskan "Ngobrol Sepuasnya Sepanjang Hari Tetap Rp0,5/detik Gak Ada Batas!", yang dinilainya juga salah satu iklan yang membohongi konsumen.


Pasalnya, menurut dia, iklan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sesungguhnya konsumen tidak setiap saat dikenai tarif Rp0,5/detik seperti yang dijanjikan dalam iklan itu. Konsumen tetap harus memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan sebelum dapat memanfaatkan tarif murah tersebut.


"Artinya tetap ada batasannya, bukan 'Gak Ada Batas' dan juga bukan sepanjang hari seperti yang diiklankan. Artinya iklan itu telah membohongi publik," tegas Mayjen Simanungkalit. Sehubungan dengan itu ia menyarankan agar masyarakat konsumen berkoordinasi dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Menurut dia, masyarakat berhak mendapatkan informasi yang benar termasuk menyangkut iklan.


"Konsumen bahkan bisa mengajukan gugatan jika mendapati ada iklan yang tidak benar atau membohongi publik," tambah Mayjen Simanungkalit. Menanggapi tudingan itu, Public Relation Telkomsel Regional Sumatera, Henny Purweni, membantah iklan SimPATI Telkomsel membohongi konsumen.Perihal iklan "Ngobrol Sepuasnya Sepanjang Hari Tetap Rp0,5/detik Gak Ada Batas!" tersebut, menurut dia, pihaknya tetap mencantumkan sejumlah syarat dan ketentuannya.


"Kami sudah sampaikan hal ini kepada bagian pemasaran dan tidak benar ada praktik pembohongan terhadap konsumen. Di situ (di iklan tersebut, red) tetap kami cantumkan ketentuan-ketentuannya termasuk periode waktunya," jelasnya.


Berdasarkan pantauan di lapangan, misalnya pada papan iklan SimPATI Telkomsel di perbatasan Medan-Deli Serdang di Kampung Lalang dan di perbatasan Deli Serdang-Binjai, serta di kilometer 12 dan 15 Jalan Medan-Binjai, tidak ditemukan pencantuman syarat dan ketentuan yang dimaksud.


Dalam penjelasannya melalui SMS, Henny Purweni menambahkan, untuk iklan di billboard pihaknya mencantumkan nomor call center Telkomsel 116 yang dapat dihubungi pelanggan SimPATI dengan gratis dan aktif 24 jam sehari.


"Di billboard juga tertera alamat website Telkomsel, sedangkan untuk iklan di media massa kami selalu mencantumkan syarat dan ketentuan itu," ujarnya. ***