fashion pria

Bupati Deliserdang Tak Perlu Mundur
Medan,(Lapan Anam)

Anggota DPRD Sumut Azwir A Husin menilai, Bupati Deli Serdang tidak harus mengundurkan diri seperti yang diusulkan DPRD Deliserdang melalui paripurna legislative tersebut. Tapi cukup mengambil cuti dari tugas-tugasnya sebagai kepala daerah selama mengikuti Pilkada (Pemilihan Kepala daerah) Deliserdang.
Penilaian ini diungkapkan Azwir A Husin kepada wartawan, Selasa (12/8) di gedung DPRD Sumut, terkait dengan adanya usulan DPRD Deliserdang pemberhantian Bupati Drs H Amri Tambunan terkait pencalonannya sebagai Cabup (calon bupati) pada Pilkada mendatang.
Dikatakan Azwir Husin, masalah kepala daerah yang ikut dalam pencalonan Pilkada sudah diatur dalam ketentuan maupun keputusan pengadilan, terutama soal incumbent (kepala daerah yang mau maju lagi dalam pilkada) sudah dianulir oleh putusan MK (Mahkamah Konstitusi) No 17/PUU-VI tahun 2008. “Artinya, UU No 12 tahun 2008 tidak lagi menjadi acuan Pilkada tahun 2008,” ujarnya,
Dengan adanya putusan MK tersebut, Bendahara FP Demokrat DPRD Sumut ini juga menegaskan berarti incumbent tidak perlu lagi mengundurkan diri dengan keluarnya putusan MK, secara tidak langsung UU No 12 tahun 2008 sudah dicabut Mahkamah Konstitusi. Apalagi surat edaran Mendagri juga sudah keluar terkait dengan incumbent tersebut.
Jadi, lanjut Azwir yang juga anggota Komisi A DPRD Sumut itu, Dalam kaitan ini, DPRD Deliserdang tidak perlu membuat semacam usulan ke Mendagri lagi untuk pemberhentian Bupati Deliserdang dari jabatannya, karena ikut sebagai Calon Bupati Deliserdang untuk Pilkada Deliserdang diperkirakan akhir 2008.
“Soal adanya aksi walk out di kalangan DPRD Deliserdang merupakan hal biasa dan dinamikanya demokrasi, tapi substansi dari pelaksanaan Pilkada yang sudah diputuskan Mahkamah Konstitusi itu jangan dihilangkan,” tandasnya.
Karena, tambah Azwir Husin yang juga Ketua FKB KAPPI’66 Sumut ini, munculnya usulan pemberhentian Bupati Deliserdang Amri Tambunan terkesan ada unsure kepentingan politik tertentu dari kelompok-kelompok yang akan mengganjal Drs H Amri Tambunan maju sevagai Cabup di Pilkada nanti. “Biarkan masyarakat Deliserdang memilih dengan kesadaran politiknya, tidak perlu kita haling-halangi agar pilkada di Deliserdang nantinya benar-benar berlangsung kondusif,” ujar Azwir menambahkan.(ms)