fashion pria

Komisi C DPDRDSU Dukung Coastal Marine
Medan, (Lapan Anam)
Komisi C DPRD Sumatera Utara seperti yang dikatakan Sekretaris komisi tersebut, Isrok Anshari Siregar mendukung upaya Dinas erhubungan Sumut terkait pengadaan Coastal Marine untuk mengatasi kemacetan di jalan-jalan propinsi di Sumatera Utara. Bahkan, kata Isrok, Komisi C siap untuk membahas anggaran yang diperlukan Coastal Marine tersebut.
"Ini adalah upaya positif yang digulirkan Dishub Sumut untuk persoalan kemacetan di jalan-jalan propinsi ini. Karenanya, Coastal Marine ini sudah kita (Komisi C-red) bicarakan dengan Dishub Sumut," kata Isrok.
Sebelumnya, mengatasi kemacetan di Sumatera Utara, Dishub Sumut menebar wacana untuk menggunakan transportasi Coastal Marine (transportasi dengan zona 12 mil dari garis pantai-red). Kenderaan yang digunakan adalah water bus (bus yang dioperasikan di laut-red).
Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Drs. Naruddin Dalimunthe, MSP menjelaskan, wacana itu akan segeradirumuskan ke DPRD Sumut, dan selanjutnya akan dibawakepada pemerintah pusat. Terkait dana yang dibutuhkan, Dishub Sumut mengaku pengadaan Coastal Marine tidak memakan dana yang besar. Cukup untuk pembangunan dermaga-dermaga sebagai terminal dan pengadaan kapal.
“Wacana itu akan segera kita gulirkan ke DPRD Sumut,dan bila disetujui akan kita ajukan ke pemerintah pusat,” tutur Kadishub Sumut.
Langkah Dishub ini, dinilai Isrok selain mendongkrak PAD Sumut, juga memberikan manfaat besar bagi pariwisata Sumut.
"Belum lagi manfaat bagi dunia kerja. Pokoknya sepanjang dengan alasan yang logis dan untuk kepentingan rakyat, Coastal Marine akan tetap didukung," tegas Isrok.
Di bagian lain, Isrok menambahkan, pengadaan Coastal Marine juga akan mengatasi keterisoliran daerah-daerah pesisir. Apalagi, menurut rencana Coastal Marine akan merambah perairan Belawan, Labuhan Batu dan Asahan.
Ditegaskan Isrok, jika Dishub Sumut benar-benar serius untuk mengadakan Coastal Marine, maka DPRD Sumut akan segera merespon. Apalagi Coastal Marine ini digunakan untuk kepentingan masyarakat Sumut.
"Soal anggaran akan kita bahas secepatnya jika sudah mereka (Dishub Sumut-red) ajukan. Sedangkan pengadaan kapal dan pembangunan dermaga sebagai terminalnya akan kita diskusikan juga dengan pihak swasta," ucap Isrok. (ms)