PAN SUMUT TAK AKAN HADIRI RAKERNAS DI JAKARTA

Medan,(Lapan Anam)
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Utara dipastikan tidak akan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN yang rencananya bakal di gelar di Jakarta, Sabtu (9/5) mendatang.

"PAN Sumut sudah memutuskan untuk tidak menghadiri rakernas yang rencananya digelar sebagai tandingan dari Rakernas Yogyakarta itu," ujar Wakil Ketua DPW PAN Sumut, Anang Anas Azhar, SAg ketika menjawab wartawan di Medan, Senin.

Pada rakernas yang berlangsung di Hotel Sheraton Yogyakarta, Sabtu (2/5) lalu, PAN telah mengambil sikap untuk berkoalisi dengan Partai Demokrat pada pilpres 8 Juli sekaligus menetapkan Hatta Rajasa sebagai bakal cawapres mendampingi bakal capres dari Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Keputusan rakernas lainnya adalah memerintahkan DPP dan Majelis Pertimbangan Partai (MPP) menindaklanjuti hasil rakernas tersebut, yaitu melakukan komunikasi politik dengan Partai Demokrat serta dengan Susilo Bambang Yudhoyono.
Rakernas itu sendiri ditutup oleh Sekretaris Jenderal DPP PAN Zulkifli Hasan, namun tidak dihadiri Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir.

Anang Anas Azhar yang ditemui sepulang dari mengikuti Rakernas PAN di Yogyakarta mengatakan, keputusan Rakernas Yogyakarta sudah final dan mengikat sesuai AD/ART partai yang menyebutkan bahwa rakernas hanya dilakukan sekali dalam setahun, sehingga tidak boleh ada lagi rakernas lain pada tahun yang sama.

"Dari 33 DPW PAN se Indonesia hanya DPW Papua Barat yang tidak hadir. Seluruh DPW yang hadir kecuali DPW Jawa Timur mendukung keputusan rakernas yang menduetkan SBY-Hatta," ujarnya.

Ditanya alasan rakernas memutuskan PAN harus merapat ke Partai Demokrat, Anang Anas Azhar mengatakan karena parpoal-parpol "papan tengah" juga sudah merapat ke partai yang sudah memastikan kembali mengusung Susilo Bambang Yudhoyono itu. "Pertimbangan lain, untuk memperkuat parlemen," ujarnya.

Ia mengakui ada sekelompok kecil elit yang menolak keputusan Rakernas Yokyakarta dan berencana menggelar rakernas tandingan di Jakarta, 9 Mei mendatang. Kelompok kecil elit itu disebut-sebut mendukung Soetrisno Bachir maju pada pilpres mendatang, baik sebagai bakal capres maupun cawapres dari bakal capres tertentu.

Anang Anas Azhar setelah berkonsultasi dengan Ketua DPW PAN Sumut, H Kamaluddin Harahap dan Sekretaris Parluhutan Siregar mengatakan PAN Sumut tidak akan mengirim utusannya ke Rakernas jakarta tersebut.

"Setelah kita konsultasikan dengan ketua dan sekretaris, diputuskan Ketua DPW PAN Sumut Kamaluddin Harahap tidak akan menghadiri rakernas itu," ujarnya.

Menurut dia, PAN Sumut sendiri dijadwalkan menyosisalisasikan keputusan Rakernas Yogyakarta di Hotel Grand Antares Medan, Selasa (5/5). "Hari Selasa mulai mulai pukul 14.00 WIB kita akan menyampaikan laporan terkait keputusan Rakernas Yogyakarta kepada seluruh 28 DPD PAN se Sumut," katanya. ***