Caleg Demokrat Jangan Saling Jegal

Medan, (Lapan Anam)
DPP Partai Demokrat menginstruksikan kepada seluruh calon legislatif (Caleg) bagi untuk DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota agar jangan saling ‘menjegal’. Terutama terkait penghitungan perolehan suara Pemilu legislatif 9 April 2009.

Instruksi tersebut disampaikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Hadi Utomo dan Sekjennya H Marzuki Alie, SE, MM melalui surat DPP bernomor 27/INT/DPP PD/IV/2009 yang dibacakan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Belly Simanjuntak, H Ismail, Wakil Sekretaris Togar Manurung dan Ketua Bappilu Partai Demokrat Sumut G Setiawan Sirait kepada wartawan, Minggu (3/5) di Medan.

Sebagaimana diketahui, Pemilu legislatif telah selesai dilaksanakan dan saat ini PPK/KPUD sedang dalam proses penghitungan suara untuk menetapkan calon anggota legislatif dari Parpol yang terpilih. DPP telah menginstruksikan agar kadernya jangan saling menjegal dan mencuri suara," ujar Belly Simanjuntak.

Bahkan DPP menegaskan, ujar Belly senada dengan Ismail, dalam rangka proses pengawalan dan pengamanan penghitungan suara ini hendaknya mengedepankan semangat sportivitas dan kebersamaan antara sesama Caleg demi kepentingan partai.

Instruksi ini dikeluarkan DPP, ujar Belly, karena pelaksanaanya di lapangan masih adanya laporan "saling menjatuhkan" antara sesama Caleg Partai Demokrat dengan melakukan perbuatan yang kurang terpuji, sehingga berdampak negatif bagi partai yang sedang membangun budaya bersih, cerdas dan santun.

Berkaitan dengan itu, ujar Sekretaris FP Demokrat DPRD Sumut itu, DPP memberikan peringatan keras kepada Caleg semua tingkatan yang masih melakukan tindakan-tindakan kontra produktif serta tidak terpuji yang merugikan partai, akan diberi tindakan tegas hingga pemecatan sebagai anggota partai.

Ancaman pemecatan dan sanksi organisasi dari DPP partai ini hendaknya jangan dianggap main-main. DPD dan DPC harus segera menindak-lanjutinya," ujar Setiawan Sirait sembari bertanya apakah DPD Sumut sudah melaksanakan instruksi dimaksud demi menjaga citra partai.

Karena berdasarkan laporan yang diterima DPD, sudah ada dua Caleg Partai Demokrat yang melaporkan adanya kecurangan perolehan suara antara sesama Caleg, tapi belum ada tindaklanjutnya, sehingga Ketua dan Sekretaris DPD harus turun tangan secara netral dengan mengayomi semua Caleg.***