fashion pria

Dalam Pilkada
Deli Serdang Tertinggi Dukung Pasangan Perseorangan
Medan (Lapan Anam)
Terdapat perbedaan tipis tentang dukungan politik Masyarakat untuk pasangan perseorangan dalam pilkada 7 Kabupaten 2008 di Sumatera Utara. Dukungan tertinggi berturut-turut terdapat di Deliserdang sebesar 27 %, menyusul Langkat, Batubara dan Padanglawas dan seterusnya.

Namun persentase yang cukup besar masih terdapat untuk kategori masyarakat yang sama sekali belum faham apa sesungguhnya calon perseorangan itu.
Demikian Koordinator Umum 'nBASIS Shohibul Anshor Siregar dalam Forum Politik Pembangunan Daerah yang diselenggarakan oleh Jaringan Relawan untuk Suksesi Bermartabat (JARE-SMART) di Hamparan Perak, Sabtu 6/9.
Data tersebut dicuplik dari hasil survei 'nbASIS bulan Juni-Juli 2008. Dikatakan, mengingat masih besarnya persentase masyarakat yang belum tahu calon perseorangan, jika dilakukan kerja intensif ke basis massa dengan persuasi dan pencerdasan, peluang kemenangan bagi calon perseorangan bisa lebih besar.
Hanya saja. menurut dosen Sosiologi Politik UMSU ini, di hampir 7 Kabupaten yang akan Pilkada terdapat jumlah quasi perseorangan yang maju dalam pilkada. Sesungguhnya bukan tokoh independen non parpol, namun karena secara politis diperkirakan tidak akan mampu memperoleh perahu, mereka memilih jalur pencalonan perseorangan.

Selain merusak image, fenomena ini juga amat destruktif terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia. Sama halnya dengan DPD yang mestinya diisi olh wakil2 daerah non partisan, sekarang sepenuhnya akan dikuasai olh parpol.
Pada bagian lain ceramahnya Shohibul Anshor menegaskan bahwa kalangan sipil society, yakni komponen-komponen non partisan yang selama ini giat dalam perjuangan pemberdayaan masyarakat dan demokratisasi, seyogyanya secara sukarela membantu pemenangan calon perseorangan.

Sudah dapat dipastikan bahwa calon perseorangan sejati hanya akan berbicara tentang kemaslahatan tanpa money politik.

Mereka tak akan mau membodohi rakyat dengan money politik dengan berbagai bentuk, juga takkan mau mengintimidasi karena alasan kehadiran mereka hanya satu: memajukan masyarakat.(ms)