fashion pria

Berita Rekan

Selasa, 16 September 2008 16:32 WIB

KPU Seleksi Anggota di 10 Provinsi

Penulis : Kennorton Hutasoit

JAKARTA--MI: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyeleksi calon untuk 10 KPU provinsi. Kesepuluh Provinsi itu adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur, Maluku, Kalimantan Timur (Kaltim), DI Yogyakarta (DIY), Bali, dan Sumatera Utara (Sumut). Rencananya hasil seleksi diplenokan 21 September di KPU, Jakarta.
"Empat aspek yang diujikan ke calon anggota KPU provinsi mulai dari integritas, penguasaan materi, kepemimpinan, dan human relation. Ini melanjutkan apa yang dilaksanakan tim seleksi. Rencananya setelah diplenokan calon anggota KPU provinsi yang terpilih dilantik 26 September," kata anggota KPU Abdul Aziz seusai menguji 10 orang calon anggota KPU Provinsi Jateng di Semarang, Selasa (16/9).
Calon anggota KPU Provinsi Jateng yang diuji kelayakannya adalah Achmad Junaidi, Andreas Pandiangan, Didik Hayat Wiryadi, Hendra, Ida Budhiati, Joko J Prihatmoko, Fajar Subhi, Nuswantoro Dwiwarno, Siti Malikhatun, dan Teguh Purnomo. Mereka menjalani uji kelayakan yang dilakukan Aziz dan anggota KPU Sri Nuryanti didamping Kepala Biro Hukum Sekretariat KPU Wahyu Sugeng Santoso di lantai dua gedung KPU Provinsi Jateng, Jl Veteran, Semarang. Aziz mengatakan ada beberapa pertimbangan untuk menentukan calon anggota KPU provinsi terpilih antara lain pengalaman sebagai anggota KPU provinsi atau KPU kab/kota.
"Karena tahapan Pemilu 2009 sudah berlangsung, KPU provinsi yang akan dilantik nanti langsung bekerja tidak tahap belajar lagi. Jadi calon yang sudah punya pengalaman prioritas, tapi kalau kebanyakan akan dipangkas," katanya. Kuota perempuan, lanjut Aziz, juga dipertimbangkan untuk menentukan calon terpilih.
"Selain itu kami juga mempertimbangkan proporsional etnis dan agama dalam aspek pluritas di samping performance, pemikiran dan prestasi calon," katanya. (KN/OL-06)