fashion pria

Balon Gubsu Bahdin Janjikan Biaya Sekolah Gratis

Medan, (Lapan Anam)
Bakal Calon Wakil Gubernur (balonwagub) Sumatera Utara periode 2008-2013 dari Partai Bulan Bintang (PBB), H. Bahdin Nur Tanjung, menjanjikan biaya gratis bagi sekolah dari tingkat SD sampai SLTA terutama sekolah negeri. Karenanya, jika menjadi Wagubsu dia dan Gubsu terpilih akan fokus pada upaya pengentasan kemiskinan, sekaligus menekan angka pengangguran yang saat ini cukup tinggi di daerah itu.
"Masalah kemiskinan dan pengangguran akan menjadi perhatian utama saya jika terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumut, disampingi juga masalah pendidikan dan kesehatan," katanya pada sosialisasi balongub/balonwagub PBB di Medan, Sabtu (22/12).
DPW PBB Sumut sendiri sudah menetapkan dua pasangan balongub/balonwagub yang diusulkan ke DPP PBB. Kedua pasangan itu masing-masing H. syamsul Arifin, SE/Ir. H. Bustinursyah Uca Sinulingga, MSi, IAI dan H. Banuaran Ritonga/H. Bahdin Nur Tanjung, SE, MM.
Pada kesempatan itu Bahdin yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyinggung pentingnya penciptaan lapangan kerja untuk mengatasi pengangguran yang kian hari terus meningkat di Sumut. Selain itu, angka kemiskinan juga harus ditekan serendah mungkin dengan terus mengembangkan usaha kecil dan menengah.
"Yang tidak kalah penting adalah peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur, sejalan dengan perbaikan iklim investasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut ke depan," katanya.
Ia juga menyinggung pentingnya akses rakyat terhadap pendidikanmelalui pengembangan fasilitas pendidikan serta peningkatankesejahteraan dan kualitas tenaga guru, serta mendorong partisipasiasyarakat dalam menjamin ketersediaan lingkungan pendidikan yangberkualitas.
"Target saya jika terpilih menjadi gubernur, maka pada akhir masa jabatan saya nanti semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SLTA tidak ada biaya lagi. Semuanya harus gratis, setidaknya di sekolah negeri," ujarnya.
Bahdin juga menilai pentingnya harmonisasi antar masyarakat di Sumutyang beragam dan heterogen serta menciptakan Sumut yang aman dannyaman bagi semua orang.
Di sektor kesehatan, ia juga menilai seluruh masyarakat Sumut harusmemiliki akses yang luas terhadap pelayanan kesehatan yangberkualitas. Prasarana dan sarana pelayanan kesehatan harus bisamenjangkau seluruh lapisan masyarakat dan bagi masyarakat miskinharus bisa mendapatkannya dengan cuma-suma.
Namun demikian, Bahdin Nur Tanjung yang juga mantan Ketua KNPI Sumutitu menggarisbawahi bahwa dirinya tetap akan memosisikan diri sebagaipendukung kebijakan dan program-program kerja gubernur yang bakaldidampinginya.
"Meski pada saat ini saya harus memaparkan visi-misi dan programkerja, namun semua itu tetap akan disinergikan dengan kebijakan danprogram-program kerja gubernur yang akan saya dampingi. Dan sayatetap akan berada pada posisi mendukung gubernur yang saya dampinginanti," katanya. (ms)