Mayjen Simanungkalit, Wakil Ketua KIP Sumut

PRIA kelahiran Dusun Hopong ,Desa Dolok Sanggul, Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara , Provinsi Sumatera Utara 18 Pebruari 1968. Dia menjalani pendidikan Ibtidaiyah, Tsanawiyah hingga PGAN, seluruhnya di Peanornor Taput. 


Pendidikan jenjang Sarjana (S-1) diikutinya di Fakultas Dakwah IAIN Sumut tamat tahun 1992. Sedangkan gelar Mediator dia peroleh dari Sekolah Pasca Sarjana UGM (Universitas Gadjah Mada) Jogjakarta tahun 2013. 

Dia menikah dengan putri Karo tahun 1997 dan telah memiliki empat anak masing-masing dua putra dan dua putri. Sejak mahasiswa dia sudah aktif di dunia pergerakan dan aktif sebagai kolumnis di berbagai media cetak. 

Dia mantan aktivis kampus dan bergabung di Pergerakan Mahasiswa Islam Indoesia (PMII) hingga pernah menjadi salah satu Ketua di Korcab PMII Sumut dan Wakil Ketua Gerakan Pemuda Ansor Sumut masing-masing dua priode. Mengawali karir sebagai wartawan di Kantorberita Nasional Indonesia (KNI), juga pernah menjadi reporter Majalah Garda untuk liputan Sumut dan Aceh, Pemred News Online www.medansatu.com dan Redaktur di Harian Medan Pos Medan. 

Dia ikut menandatangani Deklarasi Medan Untuk Keterbukaan Informasi pada Temu Editor di Medan 13-14 Mei 2005, sebagai dukungan untuk lahirnya UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 

Dalam dunia jurnalis, dia dicatat Dewan Pers sebagai orang berkompeten sebagai Wartawan dengan kategori Wartawan Utama, nomor kartu : 1470-PWI/WU/DP/XII/2011/18/02/68. Dia menjadi salah satu wartawan muda di Sumut yang lulus dalam Uji Kompetensi Wartawan, digelar Dewan Pers dan PWI di Medan, Selasa s/d Rabu (27-28/12/2011). 

Sebelum menjadi komisioner di Komisi Informasi Sumut, dia adalah Direktur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PWI Sumut, Redaktur Harian Medan Pos dan Kordinator Wartawan Politik di DPRD Sumut. 

Guna meningkatkan kemampuan dan kualitas komisioner, selain mengikuti pendidikan Mediasi di Sekolah Pasca Sarjana UGM Jogjakarta, dia mengikuti pelatihan Case Management dan Panitera Tingkat Regional pada 24-25 Oktober 2012 di Medan. 

Juga mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Mediasi dan Ajudikasi Sengketa Informasi yang dilaksanakan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada 1-2 September 2012 di Banda Aceh. Di Komisi Informasi Sumut priode 2012-2016, saat ini dia dipercaya menjadi Wakil Ketua. **** Dikutip dari :Buku laporan tahunan komisi Informasi Sumut 2012-2013