fashion pria


KPU Sumut Belum Tahu Soal
Tender Logistik Pemilu di Daerah

Medan (Lapan Anam)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah mengumumkan akan mendelegasikan wewenang kepada KPU di daerah untuk melaksanakan tender logistik seperti pengadaan kotak suara untuk Pemilu 2009. Ironisnya, KPU Sumut malah belum tahu sama sekali mengenai hal tersebut.

"Belum tahu kami itu. Belum ada pemberitahuan ke kami (dari KPU Pusat atas hal itu -red)," ujar Ketua KPU Sumut, Irham Buana Nasution, kepada para wartawan di Medan, Selasa (2/9). Karena itu, Irham menilai wajar jika pihaknya tidak memiliki persiapan apapun atas statement KPU Pusat tersebut.

Namun pihaknya sampai saat ini melihat persedian logistik hasil Pemilu 2004 lalu, dan sampai saat ini mereka belum menghitung jumlah pasti sisa logistik itu. Jika memang instruksi KPU Pusat itu sampai ke mereka, Irham menyebutkan pihaknya akan meminta bantuan Pemprop untuk menangani pelaksanaan tender seperti saat pilgubsu lalu.

"Kami akan meminta bantuan kepanitiaan seperti pilkada lalu. Karena kami enggak punya kepanitiaan yang handal," ujar Irham. Mengenai kemungkinan ikutsertanya perusahaan lokal dalam proses tender tersebut, Irham menilai KPU Sumut tidak berhak melarang perusahaan luar Sumut dan di sisi lain membolehkan perusahaan lokal untuk tender.

Sepanjang bisa memenuhi persyaratan teknis, Irham memersilahkan setiap perusahaan untuk ikut tender nantinya.

Mengenai upaya mengkhususkan perusahaan lokal agar ada proses penghematan dalam pendistribusian logistik pemilu 2009. Irham menyebutkan dari pengalaman pilgubsu lalu, tidak ada kendala sama sekali dalam distribusi kotak dan surat suara ke seluruh daerah di Sumut. (ms)