Gempa Meulaboh 7,2 SR Terasa di Medan


MEDAN – Gempa berkekuatan 7,2 SR yang terjadi di Meulaboh Aceh, Minggu (9/5) pukul 12.59 WIB barusan, juga dirasakan warga kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Bahkan keluarga besar Harian Medan Pos yang baru saja mengikuti acara Hut ke 44 Koran tersebut, berhamburan dari lantai Tiga gedung Medan Pos Jalan Siswomiharjo Medan. Guncangan terjadi beberapa detik, membuat wartawan dan undangan waswas.

Pihak BMKG Wilayah I Medan seperti dikuitif dari www.medansatu.com menyebutkan, gempa terjadi pukul 12.59 WIB. Berpusat di 66 km barat daya Meulaboh, atau 110 km barat daya Blangpidie, 126 km barat laut Labuhanhaji, 138 km barat laut Sinabang, dan 1.634 km barat laut Jakarta.

“Pusat gempa di kedalaman 30 km”, kata petuigas BMKG.

Saat gempa terjadi, warga di pusat-pusat perbelanjaan seperti Sun Plaza, Medan Fire Plaza, Medan Mall dan gedung-gedung bertingkat juga berhamburan keluar.

Sejauh ini belum ada laporan tentang kerusakan akibat gempa itu di Medan. Namun wartawan Medansatu.com di Tapanuli, Rantauprapat dan Tanah Karo melaporkan, guncangan gempa juga sangat dirasakan didaerah itu. (Jen)